RAKYAT.NET, Jakarta – Juara Piala Dunia 2014 Jerman menelan pil pahit di Rusia. Pasukan Joachim Loew ditekuk Korea Selatan (Korsel) 2-0 pada laga pamungkas penyisihan Grup F di Piala Dunia 2018 di Stadion Kazan Arena, Rabu (27/6/2018). Kekalahan itu memastikan Jerman tersingkir di penyisihan grup.

Der Panzer -julukan timnas Jerman- wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar. Namun, alih-alih mengamankan tiga angka, Mesut Oezil dkk justru tak berdaya melawan wakil Asia. Dua gol Korea Selatan tercipta di masa injury. 2018, Jerman tersingkir di fase grup. Pengalaman pahit kedua setelah Piala Dunia 1938.

Young-Gwon Kim membuka kemenangan Korea lewat gol di menit ke-90+4. Lalu, Heung-Min Son menggandakan keunggulan setelah mendapat assist Se-Jong Joo.

Tersingkirnya Jerman di fase grup Piala Dunia 2018 juga lantaran Swedia suskes mengalahkan Meksiko 3-0 di Ekaterinburg Arena, di waktu yang sama. Tiga gol Swedia dicetak Ludwig Augustinsson pada menit ke-50, dan digandakan Andreas Granqvist dari titik penalti pada menit ke-62, setelah Marcus Berg dijatuhkan Hector Moreno di kotak terlarang.

Granqvist merupakan pemain Swedia pertama yang mencetak dua gol (atau lebih) di satu Piala Dunia sejak Henrik Larsson melakuannya di Piala Dunia 2002 dengan tiga gol. Swedia menambah keunggulan setelah bek Edson Alvarez membuat gol bunuh diri di menit ke-74.

Jerman sebagai juru kunci di klasemen Grup F dengan tiga poin. Sedangkan Swedia di puncak klasemen dengan enam angka, setara Meksiko yang juga mengemas enam poin tapi kalah dalam produktivitas gol dengan Swedia. Sementara Korsel di epringkat 3 dengan tiga angka.

Melawan Korsel. Joachim Loew membuat kejutan dengan membangkucadangkan Thomas Mueller. Penyerang Bayern Muenchen itu mencetak 10 gol selama dua Piala Dunia. Namun, dia gagal mencetak gol di dua pertandingan pertama Jerman di Rusia. Loew memilih gelandang serang Leon Goretzka sebagai gantinya.

Jerman menguasai bola hingga 69%, berbanding 31% milik Korsel. Ada enam tembakan tepat ke gawang yang diciptakan pemain Jerman namun tak satupun berbuah gol. Juga ada 13 tembakan melebar yang dilakukan Jerman.

Sedangkan Korsel melepaskan lima tembakan tepat ke gawang dan dua berbuah gol. Sedangkan tembakan melebar sebanyak enam kali.

Sumber: sindonews.com