Organisasi Kerja Sama Pembangunan Eropa, OECD, menempatkan tamatan universitas Jepang merupakan yang terbaik di dunia.

Peringkat itu didasarkan pada uji kemampuan menulis dan membaca dari tamatan universitas, jadi bukan reputasi dari universitas di negara tertentu.

Yang menarik, lima besar dalam peringkat tersebut tidak termasuk dalam negara yang selama ini dinilai memiliki universitas terbaik dunia, yang biasanya berada di Amerika Serikat dan Inggris.

Hasil uji kemampuan menulis dan membaca tamatan universitas dari masing-masing negara kemudian dibandingkan satu sama lain untuk menyusun negara dengan tamatan terbaik, seperti dilaporkan wartawan pendidikan BBC, Sean Coughlan.

Berikut 10 negara dengan tamatan universitas terbaik di dunia.

  1. Jepang
  2. Finlandia
  3. Belanda
  4. Australia
  5. Norwergia
  6. Belgia
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Amerika Serikat
  10. Republik Ceko

University of OxfordHak atas fotoGETTYImage captionUniversity of Oxford adalah satu dari sejumlah perguruan tinggi Inggris yang masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.

Biasanya peringkat universitas terbaik dunia didominasi oleh Amerika Serikat dengan Harvard, Massachusetts Institute of Technology atau MIT, maupun Stanford, sementara Inggris antara lain dengan Oxford, Cambridge, dan University College of London, UCL.

Namun jika dilihat dari tamatannya, menurut peringkat OECD, maka kedua negara tersebut justru berada di bawah beberapa negara yang selama ini tidak terkenal memiliki universitas terbaik, seperti misalnya Finlandia, Australia, dan Selandia Baru.

Peringkat tamatan universitas terbaik OECD juga memperlihatkan biaya pendidikan tinggi tidak menjamin karena Belanda -dengan uang kuliah yang rendah- bisa mengalahkan Amerika Serikat dan Inggris yang menerapkan uang kuliah yang jauh lebih tinggi.

Universitas TokyoHak atas fotoAFPImage captionUniversity of Tokyo tidak masuk dalam 10 besar peringkat terbaik dunia 2016-2017 versi QS.

Peringkat OECD ini tampaknya memperlihatkan pula bahwa sistem pendidikan dasar dan menengah yang baik tidak selalu bisa dibawa ke pendidikan tinggi.

Singapura dan Korea Selatan, misalnya, dikenal dengan pencapaian tinggi pada tingkat sekolah dasar dan menengah namun di bawah rata-rata dalam hasil kemampuan menulis dan membaca tamatan universitasnya.

Berikut daftar universitas terbaik 2016-2017 versi QS

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) – Amerika Serikat (AS)
  2. Stanford University – AS
  3. Harvard University -AS
  4. University of Cambridge – Inggris
  5. California Institute of Technology (Caltech) – AS
  6. University of Oxford – Inggris
  7. University College London, UCL – Inggris
  8. ETH Zurich -Swiss
  9. Imperial College London – Inggris
  10. University of Chicago -AS

QS merupakan sebuah lembaga internasional yang mengeluarkan peringkat universitas setiap tahun.

Sumber: bbc.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here