RAKYAT.NET, Surabaya – Jembatan Suramadu, jembatan penghubung kota Surabaya dengan Pulau Madura. Panjang 5.438 m, dibagi menjadi 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

Ground Breaking pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan dibangun serta diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009.

Kehadiran jembatan Suramadu sangat bermanfaat bagi masyarakat Madura, masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Namun tak dipungkiri, jembatan Suramadu menambah jumlah urbanisasi ke ibu kota Jawa Timur. Banyak penduduk Madura yang hijrah ke Surabaya dan kota-kota lain di Jawa Timur.

Dari segi bisnis, ada beberapa bisnis yang terimbas langsung dengan kehadiran Jembatan Suramadu. Pengusaha kapal Feri jurusan Surabaya – Madura menjadi sepi. Bahkan banyak kapal Feri yang tidak beroperasi atau dialih fungsikan ke daerah lainnya.

Lebaran 2019, jembatan Suramadu merupakan jalur penghubung Surabaya dan Madura bagi masyarakat Madura yang bekerja di Surabaya dan sekitarnya. Bahkan masyarakat Madura dari Jakarta dan kota besar lain seperti Bandung, Semarang dan kota lainnya.

Photo: jawatimuran