RMOL. Operator Tol Jakarta-Cikampek memprediksi sebanyak 110.900 unit kendaraan akan mengarah dari Cikampek menuju Jakarta pada puncak arus balik Lebaran 1438 Hijriyah/2017 yang berlangsung pada Sabtu (1/7).

“Kami perkirakan pada H+5 atau Sabtu besok puncak arus balik Lebaran terjadi di Tol Jakarta-Cikampek dengan jumlah kendaraan mencapai total 110.900 unit,” kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Handoyo melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (30/6).
Handoyo membeberkan arus balik kendaraan kali ini diperkirakan akan tersebar secara merata mulai Jumat (30/6), Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7).
Sementara pada arus balik hari ini, Jumat, diperkirakan jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama berkisar 108.811 unit. Prediksi arus balik kali ini kata Handoyo berdasarkan atas pertimbangan berakhirnya jatah libur Lebaran mayoritas pekerja.
“Karena pada Senin (3/7) mereka sudah harus kembali bekerja seperti hari normal,” pungkas Handoyo.
Pihaknya pun kata Handoyo, sejak H+1 sudah menyiapkan penambahan gardu di Cikarang Utama menjadi 31 gardu, menyiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan, serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalulintas melalui pengalihan lalin maupun contra flow pada KM69A-KM61A.
“Lokasi itu rawan macet karena pertemuan lalin dari Cileunyi dan Palimanan KM66 serta KM29A-KM21A untuk mengurangi antrean di Gerbang Tol Cikarang Utama,” kata Handoyo.
Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta, sebab sejak Jumat (30/6) jam 00.00 WIB, angkutan barang sudah dapat kembali beroperasi.[san]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here