RAKYAT.NET, Jakarta – Ngupil alias mengeluarkan kotoran dari hidung sering kita lakukan. Kebiasaan ini mungkin dilakukan hampir oleh setiap orang, mengorek hidung untuk mengeluarkan kotoran atau upil. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya membersihkan hidung tidak dibolehkan menggunakan jari.

Menurut dr. S. Hendradewi, SpTHT-KL(K), Med, mengorek hidung bisa melukai kulit di bagian dalam hidung yang terdapat banyak pembuluh darah. “Tangan yang kotor akan membuat bakteri tidak bagus masuk ke pembuluh darah dan berisiko infeksi, bisa mimisan,” ujar Dewi.

Mencabut bulu hidung

Kebiasaan lain yang bahaya adalah cabut bulu hidung. Hal ini pun bisa berakibat fatal jika terus terjadi. Anda perlu tahu bahwa di dalam hidung ada pembatas antara hidung kanan dan kiri, jika dikorek dan terluka bisa terjadi abses atau bisul di dalam hidung. Risikonya bisa dikategorikan ke dalam gawat darurat dalam dunia THT.

Kuman yang menginfeksi hidung ini sangat merugikan yang bisa memengaruhi bagian atas hidung. Jika penanganan terlambat, sekat akan berlubang. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi yang disebut dengan sadel nose atau hidung sepeda.

“Kalau berkelanjutan, kuman akan menembus batas atas dan bisa terjadi radang otak. Karena itu ini termasuk emergency dalam THT, apalagi kalau pasiennya menderita penyakit gula, sangat fatal lagi,” tambahnya.

Sumber: vivanews.com
Photo: googleimages

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here