RAKYAT.NET, Jakarta – Ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF), Jakarta ibukota Indonesia mendapat penghargaan tertinggi mengalahkan Tokyo bahkan Singapura. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, penghargaan itu didapat karena warga Ibu Kota cinta dengan kotanya.

“We Love Cities itu mengukur kecintaan masyarakat terhadap kotanya di mana mereka tinggal, atau kota yang mereka memiliki hubungan,” kata Sandiaga di GOR PKP Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7).

Menurut dia, yang diukur adalah keterkaitan dan kecintaan warga terhadap kotanya. “Dan alhamdulillah Jakarta mendapatkan posisi puncak, menjadi juara mengalahkan Tokyo, malah Singapura,” katanya.

Dengan sangat citanya warga Ibu Kota terhadap Jakarta, lanjut Sandiaga, maka ini menjadi modal besar untuk berbenah.

“Ini merupakan modal yang sangat besar bagi kita untuk terus membenahi wilayah Kota Jakarta. Kita terus mendapatkan berkah bahwa warganya ini ingin terlibat dalam sistem yang partisipatif kolaboratif,” tambahnya.

Menurut Sandiaga, ini memang adalah yang disyaratkan dari city 4.0, bahwa ke depan masyarakat adalah co-creator untuk menciptakan lapangan kerja, memastikan kesejahteraan warga meningkat dan harga kebutuhan pokok terjangkau.

“Sehingga biaya hidup yang meningkat atau harga-harga kebutuhan pokok itu tidak membebankan bagi masyarakat,” jelas Sandiaga.

Sebelumnya, Kota Jakarta menjadi pemenang ajang We Love Cities 2018 yang diselenggarakan World Wide Fund for Nature (WWF). Jakarta sukses menyisihkan kota besar lain di dunia, seperti Tokyo, Vancouver, dan Kuala Lumpur.

Penghargaan ini melibatkan kontribusi warga Jakarta untuk memberikan dukungan mereka kepada kota tercinta melalui voting dan saran-saran perbaikan untuk pembangunan kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, salah satu kunci kemenangan itu adalah interaksi di sosial media menggunakan tagar #WeLoveJakarta. Tercatat 164.954 interaksi di sosial media dan 4.464 saran untuk menjadikan Jakarta lebih baik dari warga Jakarta.

“Jakarta menang dengan jumlah dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini menunjukkan kemampuan Jakarta merangkul warganya untuk memberikan dukungan dalam ajang kampanye internasional ini,” kata Isnawa Adji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta.

Sumber: merdeka.com