RAKYAT.NET, Jakarta – Rekor baru ditorehkan dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Pada tahun ini, jumlah milairder wanita yang masuk daftar orang terkaya dunia mencapai 256 wanita.

Mengutip laman Forbes, Rabu (7/3/2018), total kekayaaan dari 256 wanita ini mencapai lebih dari US$ 1 triliun, naik 20 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Angka pertumbuhan kekayaan miliarder wanita ini melebihi pertumbuhan keseluruhan.

Memang, sebagian harta wanita terkaya ini merupakan warisan dari generasi pendahulu. Menariknya, mereka berhasil mempertahankan harta dan bahkan memupuk lebih banyak dari harta warisan tersebut.

Ada yang menarik lainnya dari daftar tersebut. Jumlah wanita milairder yang mampu memupuk harta sendiri alias tanpa mendapat warisan juga bertambah banyak. Pada 2018 ini, jumlah wanita yang masuk daftar orang kaya dunia dengan merintis usaha sendiri mencapai 72 orang, sedangkan pada tahun lalu 56 orang saja.

Alice Walton mampu mempertahankan posisi sebagai wanita terkaya di dunia versi Forbes. Kekayaannya dari US$ 33,8 miliar pada 2017 menjadi US$ 46 miliar pada 2018. Putri tunggal dari pendiri Walmart Sam Walton ini naik satu peringkat dalam daftar orang terkaya dunia ke posisi 16. kenaikan harta tersebut berkat melambungnya nilai saham Walmart yang mencapai 43 persen.

Saham dari perusahaan ritel tersebut mampu naik karena masuk ke bisnis online atau e-commerce dan berusaha untuk melawan Amazon yang dimiliki oleh Jeff Bezos yang menduduki posisi orang terkaya di dunia.

Anak tunggal dari Bettencourt yaitu Francoise Bettencourt Meyers menduduki posisi kedua dalam daftar wanita terkaya di dunia. Kekayaan dari Francoise Bettencourt Meyers mencapai US$ 42,2 miliar. Kakek dari Francoise Bettencourt Meyers adalah pendiri perusahaan kosmetik L’Oreal pada 1909. Saat ini Meyers memiliki 33 persen saham dari perusahaan tersebut.

Lalu diurutan ketiga adalah Susanne Klatten. Ia memiliki harta US$ 25 miliar berkat warisan dari mendiri merek BMW.

Faktanya, dari 10 wanita terkaya di dunia, delapan orang mewarisi semua kekayaan mereka sementara dua yaitu Gina Rinehart dari Australia, yang mendapatkan kekayaan dari bisnis tambang dan Abigail Johnson dari AS, yang memimpin Fidelity Investments.

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here