JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta dan Koperasi Wahana Kalpika (KWK) sepakat memperpanjang kerja sama kemitraan untuk menjalankan integrasi layanan bus Transjakarta dan angkot KWK hingga September 2017.

Keputusan untuk melanjutkan kerja sama ditetapkan setelah berakhirnya masa uji coba integrasi Transjakarta-angkot KWK per 3 Juli 2017.

Uji coba integrasi Transjakarta dan angkot KWK berlangsung tiga bulan, tepatnya sejak penandatanganan kerja sama antara PT Transjakarta dan KWK pada awal April 2017.

“Transjakarta dengan KWK sepakat melanjutkan integrasi transportasi umum untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Jadi pelayanan harus tetap diteruskan,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono melalui keterangan tertulisnya, Jumat (7/7/2017).

Layanan integrasi bus Transjakarta dengan angkot KWK berlaku mulai pukul 05.00–09.00 dan 16.00-20.00. Penumpang cukup menunjukkan kartu khusus ke sopir untuk bisa naik angkot KWK gratis.

Kartunya khusus itu dijual di halte-halte Transjakarta yang rutenya bersinggungan dengan rute integrasi angkot KWK. Kartu dijual dengan harga Rp 15.000 dan masa pakainya selama sebulan.

Data PT Transjakarta menyebutkan selama tiga bulan uji coba, penjualan kartu khusus integrasi Transjakarta-angkot KWK telah mencapai 20.837.

Menurut Budi, jumlah tersebut menunjukkan masyarakat cukup antusias dengan layanan tersebut. Budi menyatakan integrasi transjakarta dan angkot KWK dilakukan sebagai bentuk perluasan jaringan layanan bus Transjakarta kepada masyarakat.

“Konsep integrasi Transjakarta dengan KWK akan mendorong peningkatan penggunaan transportasi umum oleh masyarakat,” ucap Budi.

Sejauh ini, integrasi Transjakarta-angkot KWK sudah melayani sepuluh rute, meliputi Condet-Cililitan (T07), Tanjung Priok-Bulak Turi (U05), Indosiar-Rawabuaya (B08), Poncol-Rawamangun (T24), Meruya-Grogol (B03), Terminal Pulogebang-Tanjung Priok (U03), Arundina-Rumah Sakit Harapan Bunda (T03), Kelapa Gading-Terminal Rawamangun (U04), Pejuang Jaya-Harapan Indah (T31), dan Petukangan Utara-Lebak Bulus (S14).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here