Merdeka.com – Telur adalah salah satu makanan paling sehat yang sudah tak perlu lagi diperdebatkan. Telur mengandung beberapa nutrisi penting dan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Akan tetapi banyak orang bertanya apakah boleh mengonsumsi telur dalam kondisi masih mentah, alias mengonsumsi telur tanpa dimasak terlebih dahulu? Sejumlah orang mulai khawatir terhadap dampak dari makan telur mentah, mengingat adanya risiko infeksi Salmonella.

Namun pada dasarnya sama seperti telur yang telah dimasak, telur mentah juga diketahui sangat bergizi. Telur mentah sangat kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, vitamin, mineral, antioksidan dan beberapa khasiat lain salah satunya untuk mata serta nutrisi lainnya.

Satu butir telur mentah besar memiliki sekitar 50 gram, mengandung vitamin A, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12, selenium, fosfor, folat, protein, lemak, dan lain sebagainya. Akan tetapi, gizi tinggi belum tentu aman lho di konsumsi oleh tubuh. Lantas apa yang akan terjadi jika jika kita mengonsumsi telur mentah yang katanya banyak gizi itu? Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

1. 1. Protein dalam telur mentah tidak diserap dengan baik

Merdeka.comTelur dikenal sebagai sumber protein lengkap. Tapi makan telur mentahbisa menurunkan penyerapan kualitas protein. Sekitar 90 persen protein dalm telurmatang diserap, namun jika telur mentah hanya 50 persen saja yang diserap.
Penelitian menunjukkan bahwa pada telur yang dimasak mudah dicerna daripada protein dari telur mentah. Jika Anda memakannya dalam kondisi mentah, maka Anda mungkin tidak bisa menyerap semua proteinnya.

2. 2. Telur mentah dapat memblokir penyerapan biotin

Merdeka.com – Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air, yang juga dikenal dengan Vitamin B7. Vitamin ini diperlukan produksi glukosa dan asam lemak tubuh.
Sementara itu, telur mentah mengandung protein avidin yang dapat menghambat penyerapan viamin B yang larut dalam air.

3. 3. Telur mentah mengandung bakteri

Merdeka.comTelur mentah juga bisa mengandung salmonella, yakni bakteri berbahaya. bakteri ini bisa ditemukan tidak hanya pada kulit telur tapi juga di dalam telur. Ini yang cukup mengkhawatirkan.
Mengonsumsi telur mentah yang terkontaminasi bisa menyebabkan keracunan makanan. Hal ini juga dikonfirmasi dalam penelitian A ‘Nosocomial Outbreak of Samonella enteritidis Infection Due to the Consumption of Raw Eggs’.

4. 4. Bahaya Samonella

Merdeka.com – Bahaya dari Samonella antara lain dapat menyerang bayi dan anak muda karena kelompok usia ini rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum matang. Selain itu, Samonella juga akan sangat berbahaya untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan kram di rahim dan bisa mendorong kelahiran prematur.

Tidak berhenti di situ saja, orang yang berusia di atas 65 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi elur mentah karena keracunan makanan dapat sangat mengerikan dan dapat menyebabkan kematian.

Orang yang memiliki diabetes, HIV dan tumor ganas termasuk kelompok yang tidak seharusnya makan telur mentah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here