Merdeka.comSaat kamu membeli minuman kopi dari sebuah gerai, tak jarang kamu diberi wadah atau gelas kopi berupa gelas styrofoam. Well, memang membawa kopi dengan gelas styrofoam merupakan hal yang praktis.

Namun tahukah kamu minum kopi dari wadah ini bisa membahayakan kesehatanmu?
Menurut penelitian yang dilansir dari thehealthsite.com, styrofoam adalah nama merek untuk bahan yang disebut dengan polystyrene. Zat ini dapat dengan mudahmencemari makanan atau minuman yang ada di dalamnya.

Kemudian suhu panas dari makanan atau minuman ini akan mengeluarkan styrene di dalam styrofoam yang bersifat karsinogen dan mampu menyebabkan iritasi sertasekresi lendir dari mata atau hidung.

“Selain bahaya tersebut, kontaminasi zat styrene dalam tubuh akan membuatmumudah lelah, mengurangi kemampuan untuk berkonsentrasi, serta mengganggu fungsihormon yang mengakibatkan masalah tiroid,” terang penelitian ini.

Tak hanya itu saja, wadah ini juga sulit untuk diurai. “Butuh waktu sekitar 500 tahun untuk mengurangi styrofoam dan proses penguraian ini bisa mencemari udara karena polusi yang ditimbulkan.”

[feb]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here