Liputan6.com, Jakarta Mengisi apartemen dengan perabot lengkap tidak semudah kelihatannya. Apartemen umumnya memiliki luas bangunan yang terbatas sehingga setiap perabot harus diukur dengan cermat agar bisa pas mengisi ruangannya. Apalagi jika anggarannya terbatas, tentu hal ini bukan tugas yang mudah, kan?!

Tapi seperti yang dirangkum dari Rumah.com, setidaknya ada beberapa hal penting yang bisa menjadi prioritas untuk mengisi unit apartemen. Langkah awal, Anda butuh tempat duduk untuk Anda dan tamu yang datang. Lalu, sebuah meja dan beberapa kursi untuk makan.

Selanjutnya, pilih set dining yang fungsional supaya bisa digunakan juga sebagai nakas dan kursi tambahan untuk menyambut tamu yang datang. Anda pasti juga butuh matras untuk tidur, dan hal ini bisa diakali dengan membeli sebuah sofabed. Terakhir, Anda juga butuh furnitur yang bisa berfungsi sebagai lemari untuk menyimpan koleksi barang.

Pilih Furnitur yang Multifungsi dan Fleksibel

Ketika mengisi unit apartemen minimalis dengan furnitur, maka utamakan memilih benda yang fungsional dan fleksibel.

  • Desain ruangan dengan fungsi yang fleksibel. Misalnya ketika ingin makan, bisa diubah menjadi ruang makan, dan ketika ingin mengerjakan tugas kantor bisa diubah menjadi ruang bekerja.
  • Bagi ruangan sesuai dengan kebutuhan dengan partisi ruangan multifungsi seperti kabinet atau rak transparan. Partisi sangat penting dimiliki pada apartemen unit studio
  • Pilih meja di ruang tamu yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan di bagian kakinya.

Investasi di Furnitur Penyimpanan

Di tengah kebutuhan tinggi akan furnitur minimalis, Anda bisa menemukan furnitur yang bisa menghemat ruangan dengan mudah di pasaran. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi, namun investasi ini bisa sangat menguntungkan, loh!

  • Beli ranjang kasur yang memiliki area penyimpanan di bagian bawahnya. Misalnya laci geser yang bisa berfungsi ganda sebagai lemari baju atau koleksi tas.
  • Beberapa jenis nakas juga ada yang dilengkapi laci di bagian bawahnya. Anda bisa menyimpan koleksi buku atau aksesoris di bagian dalamnya.
  • Meja makan dengan laci, meja dengan rak, partisi ruangan dengan rak adalah solusi penyimpanan multifungsi yang baik.
  • Sofabed atau sofa yang bisa ditarik memanjang menjadi matras kasur juga pilihan furnitur minimalis lain.
  • Manfaatkan area vertikal untuk area penyimpanan. Dan salah satu cara termudah adalah memasang rak ambalan mengambang.

Personalisasi dengan Aksesoris

Setelah membuat ruangn minimalis tampil fungsional dan tertata rapi, saatnya mendekorasi ruangan dengan beberapa aksesoris dan pajangan dinding supaya lebih nyaman ditempati.

  • Untuk kesan industrial, Anda bisa mengganti lampu meja dengan lampu lantai yang minimalis dan fleksibel.
  • Karpet juga bisa membantu ruangan nampak lebih atraktif dan terasa hangat
  • Kehadiran gorden di ruangan bisa membantu ruangan nampak lebih nyaman. Selain itu, kain yang digantung juga bisa membantu menyerap suara bising dari tetangga.
  • Memasang gorden tinggi dari plafon ke lantai bisa memberi tampilan vertikal dan mengesankan ruangan terlihat lebih lega.
  • Selain pemilihan warna cat yang atraktif, Anda juga bisa mendekorasi dinding dengan menempel stiker dinding, wallpaper, gantungan seni, bingkai foto, dan aksesoris lain sesuai selera Anda.

Isnaini Khoirunisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here