RAKYAT.NET, Jakarta – Tangan terbakar setelah berurusan dengan cabai sudah jadi ‘makanan’ rutin mereka yang gemar menyajikan atau menyantap makanan pedas. Rasa terbakar ini, terkadang bisa bertahan hingga berhari-hari.

Jika mencuci dengan sabun tidak mempan, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa terbakar pada tangan akibat cabai dilansir laman The Kitchen.

Minyak

Minyak dapat menghilangkan partikel cabai yang menempel di tangan. Beberapa orang menyarankan untuk mengoleskan minyak nabati atau minyak zaitun sebelum menyentuh cabai. Namun, Anda harus hati-hati ini akan membuat tangan sedikit licin saat memegang pisau.

Sabun pencuci piring

Banyak sabun pencuci piring diklaim lebih efektif untuk menghilangkan lemak atau minyak ketimbang sabun pencuci tangan biasa. Gunakan sabun ini setelah mengiris cabai.

Alkohol

Minyak dan capcaisin pada cabai dapat dihilangkan dengan menggunakan alkohol ketimbang air. Gosok-gosok tangan dengan alkohol atau vodka, sensasi terbakar akan hilang perlahan.

Whole milk atau yoghurt

Teorinya adalah bubuk merica lebih mudah larut di dalam lemak dan minyak ketimbang air. Percaya atau tidak, tidak sedikit yang menganggap bahwa merendam tangan dalam susu atau yoghurt dapat mengurangi sensasi terbakar akibat cabai.

Baking Soda

Buat pasta dengan menggunakan baking soda dan air dan oleskan pada tangan. Keringkan, lalu bilas.

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here