Merdeka.com – Seorang wanita 67 tahun asal Inggris tengah memeriksakan matanya yang akan menjalani operasi katarak pada November mendatang. Namun, hasil penemuan dokter sangat mengejutkan. Matanya terasa kering dan penglihatannya agak tidak nyaman dikarenakan ada 27 lensa kontak menumpuk di matanya.

Rupal Morjaria, spesialis di bidangan oftalmologi, menuturkan wanita tersebut awalnya tak merasakan keanehan apapun pada penglihatannya. Begitu pula kepada ahli anestesi Richard Crombie, nenek itu mengatakan hal serupa.

“Dia (Crombie) memasukkan spekulum mata untuk membuka mata wanita itu, saat dia memasukkan anestesi ke dalamnya, terlihat sejumlah ‘massa biru’ di bawah kelopak mata perempuan tersebut,” kata Morjaria, seperti dikutip dari CNN, Selasa (18/7).

Tumpukan lensa kontak ditemukan sebanyak 17 buah saat pemeriksaan pertama dan 10 sisanya ditemukan saat pemeriksaan tambahan. Morjaria mengaku semua yang ada di ruangan sangat terkejut.

“Kami sangat terkejut. Tak pernah sebelumnya menemukan kasus ini,” serunya.
Juru bicara klinik American Academy of Ophthalmology dr. Thomas L. Steinemann, mengatakan pernah melihat sebuah lensa kontak menempel di mata pasiennya. Namun, dia mengaku baru kali ini menemukan kasus 27 lensa kontak tertanam di bawah kelopak mata.

Ternyata nenek tersebut memakai lensa kontak sekali pakai dan menggantinya setiap bulan selama beberapa tahun terakhir. Beruntung mata nenek itu tidak mengalami kerusakan parah akibat lensa kontak yang tertinggal itu.

Operasi katarak yang akan dilakukannya ditunda karena kasus lensa kontak tersebut.
“Saya meminta kepada nenek itu, bila sudah merasa lebih baik, dia boleh kembali ke sini dan menjadwalkan ulang operasi kataraknya,” pungkas Morjaria.

[pan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here