RAKYAT.NET, Jakarta – Harga cabai di pasar tradisional terus naik. Terkhusus cabai rawit merah, telah mencapai Rp 50 ribu per kilogram (kg).

Dilansir dari liputan6.com, Rahayu (38), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan setelah sempat turun pada pertengahan bulan lalu, harga cabai kembali naik. Harga cabai rawit merah saat ini sudah berada di kisaran Rp 50 ribu per kg. Kemudian cabai merah keriting dan cabai merah besar (TW) juga naik menjadi masing-masing Rp 45 ribu per kg.

“Yang naiknya paling tinggi yang rawit merah, sudah Rp 50 ribu sekarang. Kemarin sempat Rp 55 ribu-Rp 60 ribu tapi, kan, turun. Terus sekarang naik lagi,” katanya.

Menurutnya, kenaikan cabai disebabkan harga cabai di Pasar Induk Kramat Jati juga naik. Dia menjelaskan, saat ini harga cabai rawit merah di pasar induk tersebut berkisar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting dan cabai merah besar Rp 35 ribu-Rp 40 ribu per kg.

“Mungkin karena hujan terus, makanya harga naik. Di sana (Pasar Induk Kramat Jati) sudah naik harganya. Cabai kalau hujan gampang busuk,” jelasnya.

Selain cabai, harga kentang juga mengalami kenaikan. Namun, kenaikan harga pada komoditas tersebut masih relatif kecil, yaitu Rp 1.000 per kg.

Berikut daftar harga cabai dan sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

– Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg

– Cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg

– Cabai merah keriting Rp 45 ribu per kg

– Cabai merah besar Rp 45 ribu per kg

– Bawang merah Rp 22 ribu per kg

– Bawang putih Rp 23 ribu pe‎r kg

– Kentang Rp 16 ribu per kg

– Kacang panjang Rp 12 ribu per kg

– Timun Rp 8.000 per kg‎

– Tomat Rp 12 ribu per kg

– Wortel Rp 10 ribu per kg.

 

Sumber: liputan6.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here