SACHSENRING – Produsen ban Michelin tawarkan empat pilihan ban untuk MotoGP Jerman 2017.

Sebagai satu-satunya pemasok ban untuk gelaran MotoGP, Michelin sadar bahwa aspal baru Sachsenring merupakan tantangan baru bagi pembalap. Jika biasanya mereka hanya menyediakan tiga pilihan ban saja, kali ini produsen ban asal Perancis tersebut membawa empat pilihan ban bagi para pembalap.

Sirkuit Sachsenring, Jerman yang dikenal memiliki karakter pendek-pendek ini akan membuat para pembalap harus beradaptasi lagi. Desain sirkuit yang lebih banyak menyajikan tikungan ke kiri diyakini membuat konsentrasi ban lebih fokus kearah itu.

“Kami mencoba untuk melakukan segalanya dengan berbagai macam tes jelang balapan berlangsung akhir pekan ini. Karena dengan adanya aspal baru, pastinya akan memberikan tantangan baru bagi pembalap. Kami melihat potensi dibutuhkannya lebih banyak grip ketika terjadi kenaikan suhu pada ban,” ujar Nicolas Goubert, Direktur Teknik Balap Michelin.

Terlebih suhu di seputaran Jerman Timur tempat diadakannya balapan merupakan wilayah dengan variabel yang cuku ekstrem. Suhu pada pagi hari cukup dingin pada Juni hingga Juli, sementara pada siang hari terdapat kenaikannya cukup normal. Tentu saja tidak terlepas dari potensi turunnya hujan pada sore hari.

Menghadapi aspal baru, Michelin tidak memiliki data pribadi yang terbaru akan sirkuit. Pihaknya belum bisa melakukan tes jauh hari sebelumnya karena beberapa bagian sirkuit ada yang belum selesai diberikan aspal baru.

Demi menghadapi sirkuit dengan aspal baru, Michelin menawarkan satu pasang ban dengan desain asimetris. Ban jenis ini akan memiliki dua jenis kompon yang berbeda pada bagian kiri maupun kanan. Untuk Sachsenring, mereka menggunakan kompon lebih keras pada bagian kiri daripada kanan.

Untuk ban depan, para pembalap dapat memilih dua kompon medium, satu hard dan satu soft. Sedangkan untuk bagian belakang Michelin menyediakan satu kompon soft, satu medium dan dua kompon hard. [Dew/Ikh]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here