Merdeka.com – Jurnalis mungkin akan jadi salah satu pekerjaan yang mengharuskan adanya eliminasi seperti berbagai pekerjaan pabrik yang kini telah tergantikan robot. Pasalnya, akan ada ‘mesin pembuat berita‘ yang keberadaannya disponsori pihak yang bukan main-main.

Digital News Initiative atau DNI, anak perusahaan Google yang melakukan pendanaan di berbagai inovasi jurnalisme digital di Eropa, mengumumkan pendanaannya terhadap beberapa organisasi yang akan menjalankan proyek ini. Organisasi tersebut di antaranya adalah RADAR, yang merupakan ASosiasi Pers kolaborasi Inggris dan Irlandia, serta Urbs Media, startup yang membuat berita lokal secara otomatis berbasis AI.

DNI memberi pendanaan pada RADAR sejumlah lebih dari 800 ribu dollar. Dana ini akan digunakan untuk membuat layanan berita otomatis, dengan sebuah program AI bernama NLG atau ‘natural language generation.’

Program ini diharapkan bisa membuat 30.000 berita per bulannya di seluruh jaringan portal berita lokal mulai 2018 mendatang. Seluruh komponen dari berita ini akan terkreasi secara otomatis: mulai dari kata dan kalimat di layar, hingga grafik dan gambar yang ada di dalamnya.

Proyek ini akan diawali dengan membuat basis AI yang bisa mengerjakan berita dengan level ‘biasa’ dengan template yang dibuat oleh penulis asli. Berita semacam ini akan berupa hasil pertandingan olahraga atau soal bursa.

Bagaimana menurut Anda? [idc]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here