TEMPO.CO, CaliforniaGoogle tampaknya makin kepincut dengan perangkat Apple, khususnya iPad dan iPhone. Bagaimana tidak, perusahaan investasi Bernstein melaporkan perangkat Apple diperkirakan menyumbang 50 persen pemasukan Google dari sektor mesin pencari mobile.

Bahkan, seperti dilansir laman berita CNBC, Selasa, 15 Agustus 2017, raksasa Silicon Valley tersebut rela membayar uang sebesar US$ 3 miliar supaya Google search menjadi default di iPhone dan iPad. Jumlah tersebut setara dengan Rp 40 triliun.

“Ini hubungan simbiosis mutualisme. Google bisa menyumbang 5 persen pemasukan dari total laba operasi Apple tahun ini,” ujar analis Bernstein, A.M. Sacconaghi.

Meski begitu, Sacconaghi memprediksi akan ada tiba waktunya Google akan menghentikan kerja sama dengan Apple. Sebab, perusahaan besutan Steve Jobs itu diperkirakan akan meningkatkan pembayaran tiap tahunnya.

Sekadar informasi, Google search menjadi mesin pencari utama iPhone sejak pertama diluncurkan. Namun, Apple menghapus YouTube dan Google Maps dari iOS setelah iOS 6 diluncurkan.

Apple kini menggunakan Apple Maps untuk iPad dan iPhone. Tidak begitu dengan search engine, yang masih memakai Google sebagai pengaturan default. Pengguna bisa menggantinya di menu Safari.

CNBC | AMRI MAHBUB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here