RAKYAT.NET, NTB – Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di daerah pertemuan lempeng Asia dan lempeng Indoaustralia merupakan daerah rawan gempa.

Gempa 7 Skala Richter yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB), mengakibatkan puluhan warga Lombok Timur luka-luka. Kodim 1615/Lombok Timur mendata 46 warga mengalami luka.

“Di Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung, pokoknya di sekitar daerah Sembalun ini sekitar 46 orang evakuasi di kesehatan,” kata Kepala Staf Kodim 1615/Lombok Timur Mayor (Inf) Arifianto, Minggu (5/8/2018).

Arifianto mengatakan rata-rata korban luka mengalami patah tulang paha, kaki dan pundak serta luka robek pada kulit. “Ada yang patah tulang paha, bahu, ada yang luka robek, ada juga yang trauma,” jelas Arifianto.

Saat ini mereka dirawat di pos kesehatan milik TNI dan kecamatan setempat. Arifianto menuturkan kondisi sudah kondusif meski gempat kecil masih terjadi. “Kondisi terkini sudah mulai kondusif, masyarakat sudah mulai tenang. Gempa kecil masih ada tapi tidak sekeras tadi,” katanya.

Titik gempa berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa terasa hingga ke Lombok Timur. Gempa terjadi pada pukul 18.46 WIB. Lokasi gempa berada di titik 8.37 LS dan 116.48 BT. Gempa terjadi pada kedalaman 15 km.

Sumber: detik.com