Merdeka.com, Jawa Tengah – Bagi pecinta alam, mendengar nama New Selo tentu tidak asing di telinga. Pintu masuk bagi pendaki yang ingin menaklukan Gunung Merapi melalui Kecamatan Selo, Boyolali ini menyimpan sejumlah destinasi wisata alam. Oemah Bamboo Merapi salah satunya.

Berada selemparan batu di belakang tulisan raksasa NEW SELO, tepatnya di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, bangunan terbuat dari bambu ini cocok sebagai pelarian wisatawan yang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan. Meski belum rampung pembangunannya sebagai kedai kopi, tiap hari ratusan wisatawan mengunjungi Oemah Bamboo Merapi.

Petugas retribusi Abiyoko menuturkan, pembangunan Oemah Bamboo Merapi berawal dari ide anggota SAR Barameru, Bakat Setiawan alias Lahar. Sosok relawan yang pernah menjadi sorotan media pada Mei 2015 lantaran melakukan aksi evakuasi jenazah seorang pendaki asal Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang jatuh di dasar kawah Gunung Merapi.

“Ini milik pribadi. Mulai dibangun sejak Lebaran 2016 kemarin. Nantinya akan difungsikan sebagai kedai kopi, sebab di Desa Lencoh ini ada kopi Arabica yang ditanam warga. Jadi Oemah Bamboo Merapi bisa sebagai tempat ngopi Lencoh bagi pendaki maupun wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Merapi maupun Merbabu,” tutur Abiyoko.

Dengan merogoh kocek Rp 10.000, pengunjung akan melangkahkan kaki di anak tangga dengan lantai berbahan bambu layaknya memasuki lorong labirin. Pasalnya, di dalam bangunan yang menghabiskan ribuan bambu jenis petung itu terdapat gazebo-gazebo untuk beristirahat sekaligus selfie. Jika beruntung kabut tidak turun, keperkasaan Gunung Merapi dan Merbabu dari wilayah berketinggian sekitar 1.700 mdpl itu akan memanjakan mata pengunjung.

“Konstruksi bangunan ini sanggup menampung 100 orang. Selain gazebo-gazebo berukura 3×4 meter, juga terdapat dua tower (gardu pandang) berketinggian 12 meter,” imbuh Abiyoko.

Untuk mencapai Oemah Bamboo Merapi, bagi pengunjung asal Yogyakarta maupun Semarang ada dua pilihan rute. Bila melalui Magelang bisa melalui jalur wisata Ketep Pass, sebaliknya dari Boyolali bisa melalui jalur Selo. Begitu sampai New Selo, kita akan menemui puluhan muda mudi dengan tas ransel yang hendak menaklukan puncak Gunung Merapi.

Maka, bagi pengunjung yang membawa mobil harap hati-hati karena jalan yang dilalui cukup menanjak dan curam. Namun jika tidak berani, sejumlah warga di kawasan basecamp pendakian Gunung Merapi tersebut menyediakan jasa ojek motor. Tapi semua siksaan itu akan terobati, sebab panorama alam yang tersaji sungguh memanjakan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here