Vemale.com – Pernahkah kamu merasa menjadi anak paling disayang atau justru sebaliknya di dalam keluarga? Karena percaya atau tidak, ternyata orangtua memang punya satu anak yang menjadi favoritnya dari sekian anak-anaknya.

Jika kamu anak tunggal, mungkin kamu yang jadi satu-satunya yang paling disayang kedua orangtua. Tapi jika kamu punya banyak saudara di rumah, menurut penelitian, akan selalu ada satu anak yang jadi favorit orangtua.

Seperti disebut dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Familytahun 2016, bahwa 75% ibu-ibu mengaku bahwa ia lebih dekat dengan salah satu dari beberapa anaknya.

Penelitian di tahun 2005 pun menunjukkan hal yang hampir sama, para peneliti juga menemukan bahwa 74% para ibu dan 70% para ayah menunjukkan perlakuan khusus atau istimewa terhadap salah satu anaknya.

Penulis buku ‘The Favorite Child’, Ellen Weber Libby, PhD, mengaku bahwa perlakukan spesial atau istilah ‘anak favorit ayah dan ibu’ memang terkesan tabu dibicarakan, di lain pihak juga sangat umum karena memang dialami banyak orang.


copyright by Pexels.com

Karena bagaimana pun, menunjukkan siapa anak yang menjadi favorit, membuat anak-anak lain merasa tersisih dan tidak disayangi secara adil dan semestinya. Tapi, baik menjadi anak favorit maupun anak yang tidak favorit, sama-sama punya dampak buruk.

Penelitian tahun 2014 Journal of Family Psychology menemukan bahwa anak yang tidak jadi favorit orangtua bisa menunjukkan perilaku negatif sebagai efek kurang kasih sayang.Sedangkan penelitian dalam Journal of Gerontology: Social Sciences menemukan bahwa anak yang terlalu dekat dengan ibu mereka dikatakan punya risiko depresi lebih tinggi dibanding saudara kandungnya yang lain.

Cara terbaik agar tidak sama-sama berdampak buruk pada anak, alangkah baiknya jika kedua orangtua memberikan kasih sayang dan perhatian yang sama terhadap anak-anak mereka. Hapuskan kesan anak favorit dan perlakuan adil dan sepadan adalah yang terbaik yang bisa dilakukan orangtua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here