TEMPO.CO, San FranciscoFacebook memperluas salah satu fitur barunya yang dirancang untuk membantu pengguna ponsel menemukan jaringan Wi-Fi yang bisa diakses. Perusahaan ini telah mulai menguji opsi “Find WiFi” tahun lalu di mobile, yang menyoroti jaringan WiFi gratis dan publik di dekatnya.

Pada saat itu, pilihan ini hanya tersedia pada iOS di beberapa negara, sebagai bagian dari sebuah tes. Hari ini, pengguna Facebook di seluruh dunia pada perangkat iOS dan Android akan segera mendapatkan akses ke “Find Wi-Fi”.

Facebook menjelaskan penambahan fitur itu berguna untuk saat-saat ketika Anda bepergian, tetapi terutama sangat berguna ketika Anda berada di daerah di mana data seluler adalah langka.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, kelangkaan itu bisa terjadi di lokasi terpencil, tetapi di negara berkembang, alat ini bahkan lebih bermanfaat karena pengguna sering memiliki paket data terbatas, dan cakupan selular yang tidak stabil pada umumnya.

Fitur ini, seperti penambahan baru lainnya di portal Facebook, ditemukan di bawah tab “More” di aplikasi mobile Facebook. Setelah Anda menemukan tab “Find Wi-Fi”, Facebook mengingatkan Anda mungkin perlu untuk menyalakannya. Setelah itu, Facebook akan menampilkan peta yang menunjukkan hotspot terdekat, serta rincian tentang bisnis yang mendukungnya.

Selain menjadi tambahan berguna yang membantu 2 miliar pengguna bulanan Facebook saat ini tetap terhubung ke jaringan dan menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasinya, alat ini juga berguna sebagai cara lain untuk menemukan bisnis lokal. Hal itu berarti pengguna mungkin mulai beralih ke Facebook untuk menemukan kedai kopi terdekat dengan Wi-Fi, dan bukan dengan Google Maps.

Facebook mengatakan “Find Wi-Fi” mulai meluncur secara global pada iPhone dan Android.

TECHCRUNCH | ERWIN Z

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here