RAKYAT.NET, Jakarta – Kesepian adalah masalah yang dihadapi oleh sebagian orang tua. Sebab dimasa tua, biasanya anak-anak sudah berkeluarga. Sebagai pengganti, kehadiran cucu menjadi hiburan tersendiri bagi para lansia. Namun tak semua lansia dikaruniai cucu.

Jika kakek dan nenek Anda tengah berjuang melawan isolasi dan rasa kesepian, tunjukkanlah mereka cara menggunakan Facebook. Pasalnya, bergabung di situs jejaring sosial seperti Facebook, terutama pada orang lanjut usia, dapat membantu mengatasi rasa kesepian.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal New Media and Society, Facebook dan media sosial serupa memainkan peranan penting dalam mengurangi isolasi dan membuat orang lanjut usia merasa bagian dari sebuah ‘komunitas besar’.

“Ini penting, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua yang mungkin sudah di rumah saja, karena mereka memiliki kendala mobilitas yang membatasi kemampuan mereka untuk bersosialisasi,” kata peneliti S. Shyam Sundar dari Pennsylvania State University di AS, seperti dikutip dari Indian Express.

Untuk keperluan penelitian ini, para peneliti merekrut lebih dari 200 peserta berusia 60 tahun ke atas yang menggunakan Facebook selama setidaknya satu tahun.

Kemudian, para peneliti ‘berteman’ dengan para peserta di Facebook sehingga mereka dapat menghitung berapa kali peserta menggunakan situs tersebut selama setahun terakhir. Di samping itu, para peserta juga diminta untuk menanggapi kuesioner yang menangkap gratifikasi yang mereka peroleh dari Facebook.

Dari hasil penelitian tersebut, Sundar menyebut banyak orang tua lanjut usia yang memasang status tentang kisah pribadi mereka di Facebook dan mereka merasakan rasa kebersamaan yang lebih tinggi. Menariknya ini membuat perasaan mereka semakin terkontrol.

Terakhir, peneliti juga menyarankan bahwa pentingnya mengomentari dan menanggapi mereka sehingga muncul interaksi sosial yang solid.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here