RAKYAT.NET, Jakarta – Perusahaan modal ventura Asia Tenggara, East Ventures mengumumkan dana investasi sebesar US$ 30 juta untuk pendanaan awal kelas seed hingga seri A di Asia Tenggara. Ini adalah dana keenam yang dikelola oleh Willson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama yang sebagian besar akan berfokus di Indonesia.

Menurut laporan A.T.Kearney baru-baru ini, investasi di Indonesia melonjak karena prospek makroekonomi yang kuat dan demografi yang baik. Pendanaan di Indonesia dari bulan Januari hingga Agustus 2017 telah mencapai US$ 3 miliar. Jumlah tersebut lebih dari 60 kali sejak tahun 2012.

East Ventures telah mendanai 116 perusahaan dengan tingkat kelangsungan hidup sebesar 83%. Dari 96 perusahaan yang aktif, mayoritas telah mengikuti putaran investasi Seri A ke atas. Sebagai pemegang saham di 3 dari 5 unicorn di Asia Tenggara, perusahaan ini telah membangun portofolio yang berkembang pesat termasuk perusahaan seperti Traveloka, Tokopedia, Kudo (sekarang Grab), Loket (sekarang Go-Jek), Shopback, Orami, Valuklik, MokaPOS, Ruangguru, IDNTimes , EV Hive, Julo Finance, Cicil, Omise, Cermati, 99.co, Sociolla dan Ralali.

Portofolio East Ventures tahun ini telah meliputi pendanaan signifikan termasuk investasi senilai US$ 1,1 miliar yang dipimpin Alibaba ke Tokopedia, investasi yang dipimpin oleh Expedia senilai $ 500 juta di Traveloka, akuisisi Kudo oleh Grab, akuisisi Loket oleh Go-Jek, dan salah satu initial coin offering terbesar di Asia Tenggara oleh Omise.

Dedikasi East Ventures untuk memberikan hasil bagi para investornya selaras dengan misinya untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah lokal dan membangun ekosistem lokal untuk mendukung pertumbuhan negara. Dana tersebut telah berkolaborasi dengan berbagai pemerintah dan perusahaan lokal untuk mencapai hal tersebut.

Dana keenam ini akan melanjutkan misi East Ventures untuk menciptakan peluang bagi pengusaha digital muda untuk membangun perusahaan yang berkelanjutan di Asia Tenggara.

Sumber: kontan.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here