TEMPO.CO, Multan, Pakistan  – Ada pemandangan menarik di sebuah outlet pizaa di Pakistan. Restoran pizza yang sering dikunjungi kalangan atas di Multan ini menyediakan pelayan berupa robot yang siap mengantarkan pesanan ke meja-meja pelanggan.

Ada tiga robot di resto itu yang dirias layaknya pelayan wanita dengan bibir yang tersenyum membawa nampan berisi pizza dan makanan lain serta minuman bergerak dari satu meja ke meja lain. Ketiga robot pelayan “cantik” ini bernama Rabia, Annie dan Jennie dengan setia menyapa setiap pengunjung yang datang.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat 7 Juli 2017, Osama Jafari pemilik Pizza.com menyebutkan, pelayan robot ini merupakan strategi untuk menarik pelanggan untuk datang dan mencicipi pizza di outletnya. Dan,ternyata strategi mampu menarik pelanggan untuk datang ke outletnya.

Jafari mengaku terinsiprasi dari sebuah restoran di Cina dengan pelayan robot saat melihat acara teve. Dengan latar pendidikan teknik lulusan Universitas Nasional Sain dan Teknologi Islamabad, ia merakit sendiri prototipe robot dengan dukungan kedua orang tuanya.

Respon pun luar biasa ketika Jafari mengungkapkan rencana untuk memproduksi robot pelayanan, tak hanya dari keluarga dan juga rekan-rekannya. Bahan-bahan material yang dibutuhkan untuk memproduksi robot pelayanan berasa dari lokal. Ia menghabiskan sekitar USD 6.000 sekitar Rp 79 juta untuk memproduksi tiga robot pelayan.

Salah satunya adalah Osama Ahmed, seorang anak bermur 12 tahun yang datang bersama pamannya. “Kami sudah banyak berkunjung ke sejumlah restoran. Paman saya berkata di restoran ini pelayannya berbeda, yakni robot.Kami tertegun ketika robot pelayan itu dengan sigap mengantarkan pesanan kami,” ucapnya kepada AFP.

Pelanggan lain, Hamid Bashir menyebutnya sebagai sebuah inovasi yang menarik. “Ini merupakan pengalaman terbaru dilayani oleh robot, dan tentu saja membuat anak-anak senang.”

SETIAWAN ADIWIJAYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here