RAKYAT.NET, Jakarta – Pengumuman Capres Cawapres 2018 makin mendekat. Namun Cawapres Joko Widodo maupun Prabowo Subianto belum mengumumkan siapa Cawapres pendamping masing-masing.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disebut-sebut akan mendampingi Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean meminta publik bersabar.

“Tunggu saja deklarasi resminya nanti. Saya enggak bisa jawab,” ujar Ferdinand ketika dikonfirmasi, Rabu (1/8).

Dia menuturkan, biarkan nanti Prabowo yang memilih serta mengumumkan siapa Cawapres yang akan dipilihnya. “Biar Pak Prabowo yang pilih dan umumkan wakilnya,” jelas Ferdinand.

Didesak apakah ditingkat DPP sudah mendengar kabar tersebut? Lagi-lagi dia hanya mengatakan. “Sabar. Nanti diumumkan pada waktunya siapa Cawapresnya,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pembicaraan politik selama lebih dari dua jam di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7). Beberapa poin telah disepakati.

Salah satunya, Demokrat dan Gerindra sepakat berkoalisi dalam Pemilihan Presiden 2019. Tidak hanya itu, Demokrat juga sudah sepakat mengusung Prabowo sebagai calon presiden 2019. Hal itu ditegaskan SBY di hadapan petinggi Demokrat dan Gerindra.

“Pada pertemuan pertama pembicaraan terbuka lebar. Pertemuan kedua makin lebar. Dengan izin Allah, kami datang dengan pengertian Pak Prabowo adalah calon presiden kita,” tegas SBY.

Sejumlah nama pun muncul menjadi pasangan Prabowo. Ijtima ulama dan tokoh nasional merekomendasikan dua nama dari kalangan religius untuk mendampingi Prabowo. Dua nama yang direkomendasikan adalah Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri dan Ustaz Abdul Somad.

Prabowo tidak menampik membahas dua paket yang direkomendasikan Ijtima Ulama dan tokoh nasional. Namun dia menegaskan, rekomendasi itu sebagai masukan. Keputusan akhir tetap sesuai mekanisme koalisi partai politik.

Sumber: merdeka.com