RAKYAT.NET, Jakarta – Indonesia memasuki musim kemarau. BMKG menyatakan bahwa hujan tidak akan turun hingga 3 bulan mendatang. Dan mulai terlihat debit air di 10 waduk dari 16 waduk utama berada di bawah batas rata-rata akibat musim kemarau. Meski menyusut, waduk masih bisa dioperasikan.

Waduk-waduk penampung air hujan mayoritas terdapat di Pulau Jawa. Ketinggian air minimal 50 meter dalam rencana operasi. Kondisi sekarang di bawah 50 meter.

Meski ada 10 waduk yang debit air nya di bawah rata-rata, namun dipastikan masih tergolong normal. Waduk masih bisa dioperasikan sehingga distribusi air dari waduk ke permukiman sekitar masih dapat dilakukan. Sementara itu, debit air enam waduk utama lainnya, berdasarkan laporan terakhir, masih di atas rata-rata rencana operasional.

Selain 16 waduk utama, terdapat pula 75 waduk besar lainnya yang tengah dipantau ketat oleh Kementerian PUPR. Dari 75 waduk itu, 14 waduk dalam kondisi normal, 55 di bawah batas rata-rata, dan enam waduk dalam kondisi kering.

Foto: MI