Jakarta, KompasOtomotif – Beberapa kali PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan bahwa konsumen Honda berbeda dengan merek lain. Lalu, seperti apa sebenarnya ciri-ciri atau tipe konsumen Honda?

Secara runut, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy menjelaskan via contoh produk. Intinya, pembeli Honda lebih mengutamakan kesenangan mengemudi.

”Kalau lihat mobil kami, Nggak pernah sama. Kalau orang meluncurkanfamily car, kami malah luncurkan hatchback, Civic, atau BR-V,” ucapnya, (26/7/2017).

Ketika HPM melakukan survei, Jonfis mengatakan bahwa pihaknya harus melindungi konsumen sendiri. Hasilnya tentu bersifat internal, namun bocorannya, Honda berusaha melihat apa yang diinginkan pembeli.

Misalnya, pertanyaan pertama, maunya konsumen mobil apa? sudah pasti jawabannya mobil Honda, karena berbagai faktor. Misalnya, fitur canggih, irit bahan bakar, pride terhadap mobilnya. Atau kebanyakan karena desainnya bagus, dan lain-lain.

”Tapi kalau (merek) yang lain, nggak begitu. Mereka melihat aftersales service, jaringan banyak, karena mobil sudah dipakai oleh keluarga, percaya brand-nya, running cost rendah. Jadi dia tidak melihat mobilnya seperti apa,” ujar Jonfis.

Namun, kata Jonfis lagi, hal itu tak terjadi di segmen medium-up. Di ranah ini, tidak ada fleet sales atau govermenment sales. ”Anda hanya akan memikirkan mobil yang baik, fitur, value for money, dan kompetisinya benar-benar ketat. Kalau medium-low, faktornya nggak hanya produk,” ucapnya.

 

Penulis: Donny Apriliananda

Editor: Agung Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here