RAKYAT.NET, Jakarta – Macet tak akan terhindarkan lagi saat sebagian besar penduduk Indonesia melakukan mudik lebaran 2018. Mudik lewat jalur darat masih mendominasi dan dipilih sebagian besar masyarakat.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, bakal ada kebijakan baru terkait rekayasa lalu lintas (lalin) di jalan tol saat arus mudik Lebaran.

“Sekarang enggak boleh panjang-panjang. Kemarin kan agak panjang (macet) baru contraflow, sekarang contraflow akan dilakukan apabila antrean sudah mencapai 2 kilometer,” ucap Bambang.

Batas kemacetan 2 kilometer tersebut telah disepakati bersama dengan institusi terkait lainnya dalam rapat di Kantor Staf Presiden (KSP) Selasa lalu. Meski begitu, rekayasa lalin contraflow bisa dilakukan tak hanya di jalan tol, melainkan juga bisa di luar tol. ”

Contraflow ini nantinya bisa dilakukan tidak hanya di jalan tol meskipun saat ini kebijakannya baru akan diterapkan, walaupun sampai saat ini masih sebatas di jalan tol,” kata Bambang. Untuk itu, Bambang mengimbau pemudik untuk bisa mematuhi aturan tersebut sambil mematuhi rambu-rambu lalin yang ada.

Sumber: rakyat.net
Photo: antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here