RAKYAT.NET, LONDON — Perusahaan ekuitas yang didukung oleh Cina, Canyon Bridge membeli chip grafis untuk smarphone dari perusahaan teknologi Inggris, Imagination Technologies seharga 550 miliar poundsterling. Produk ini akan dijual pada Juni 2018 mendatang, setelah pelanggan terbesar Imagination Tehcnologies, Apple menyatakan berhenti menggunakan produknya.

“Pembelian oleh Cina ini merupakan hasil yang sangat bagus, dan kami memastikan pabrik kami akan tetap berada di Inggris,” ujar Bos Imagination Technologies Andrew Heath dilansir BBC News.

Heath mengatakan, Imagination telah membuat kemajuan yang sangat baik secara operasional maupun finansial paska putus kontrak dengan Apple. Menurutnya, dengan akuisisi dari Canyon Bridge ini akan memastikan bahwa perusahaan memiliki prospe pertumbuhan yang kuat.

“Kami tetap memiliki perizinan IP independen yang berbasis di Inggris, namun beroperasi di seluruh dunia,” ujar Heath.

Canyon Bridge belum lama ini telah mengumpulkan dana investasi sebesar 1,5 miliar dolar AS dari investor Cina. Canyon Bridge memiliki kantor di Beijing dan San Fransisco. Mitra di Canyon Bridge, Ray Bingham mengatakan, investasi ini bertujuan untuk mempercepat ekspansi Imagination Technologies terutama ke pasar Asia.

“Nantinya, platform teknologi (Imagination Technologies) akan memimpin globalisasi inovasi Inggris yang terus berkelanjutan,” kata Bingham.

Imagination menjadi perusahaan perancang chip Inggris yang dibeli oleh investor asing. Pada tahun lalu, perusahaan teknologi lainnya yakni ARM merancang teknologi microchip untuk smartphone Apple dan Samsung. ARM telah dibeli oleh Softbank Jepang dengan nilai 24 miliar poundsterling.

Sumber: republika.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here