JAKARTA (Pos Kota) – Belasan Hewan Penular Rabies (HPR) seperti kucing dan anjing milik warga di Kelurahan Kota Bambu Utara (KBU), Palmerah, Jakarta Barat (Jakbar) divaksin. Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit rabies.

Vaksin dilakukan aparat Kelurahan KBU bekerjasama dengan aparat Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), Rabu (12/7) yang dilaksanakan di kantor sekretariat RW 02.

Lurah KBU, Ina Ariyani mengatakan program vaksinasi HPR dilaksanakan di seluruh RW di wilayahnya, mulai RW 01 hingga 09. “Kami telah memberikan surat edaran kepada pengurus RT/RW/LMK untuk memberitahukan ke warga mengenai program ini,” katanya.

Melalui surat edaran kepada pengurus RT/RW/LMK, Program vaksinasi HPR ini kami adakan mulai per Selasa kemarin di mulai dari wilayah RW 01 hingga wilayah RW 09 kelurahan Kota Bambu Utara”, pungkas Ina Ariyani, SKM Lurah Kota Bambu Utara.

Kepala Seksi Kesra Kelurahan KBU, Muhammad Tayib menambahkan kegiatan ini merupakan program rutin untuk mengecek dan menyuntik vaksin pada HPR, seperti kucing, anjing dan primata. “Program rutin ini untuk antisipasi dan mencegah penyebaran penyakit rabies di wilayah KBU,” katanya.

Warga sangat antusias dengan adanya program vaksin ini. Terbukti belasan anjing dam kucing peliharaan warga, seperti kucing Anggora, Persia, kucing kampung dibawa untuk divaksin.

“Kami sangat senang dengan adanya program ini, karena bisa mengetahui kesehatan hewan piaraan dan vaksin secara gratis,” ujar Sarmun, pemilik kucing warga RT 012/02.

Dari hewan yang dicek kesehatannya dan divaksin, paling banyak adalah kucing. “Semua hewan yang kami periksa kondisinya sehat dan langsung divaksin,” ucap drh T. Ellita G dari Sudin KPKP.

Anggota LMK RW 02, Solichin atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kelurahan KBU dan Sudin KPKP yang melaksanakan program vaksin di wilayahnya. “Kami sangat berterima kasih atas program ini, apalagi dilaksanakan tanpa biaya atau gratis,” ujarnya.

(tarta/sir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here