Merdeka.com – Kalau di sekolah konservatif, murid yang nekad bernyanyi saat pelajaran berlangsung bisa ditegur guru. Tetapi di kelas Kurt Minnaar, seorang guru matematika di Afrika Selatan, murid-murid justru disarankan untuk menyanyi. Kalau perlu sekalian berjoget agar semakin semangat belajar.

Dilansir Oddity Central, Kurt Minnaar adalah seorang guru gaul yang bekerja di Eben Donges High School, Cape Town. Minnaar memanfaatkan irama musik hip-hop untuk membuat murid-muridnya tertarik belajar matematika. Sebelum menjadi pengajar, dia adalah seorang seniman dan koreografer dengan spesialisasi musik hip-hop. Dengan bantuan beberapa rekan musisi, Minnaar menciptakan macam-macam lagu dengan judul Cre-eight, Trick-onometry, atau Van Guard. Lirik lagunya berisi tabel perkalian.

Kurt Minnaar ©Bertram Malgas/Daily Voice

Minnaar akan mengajak murid-murid untuk bernyanyi sambil menghafal dengan musik dari laptop-nya. Minnaar yakin murid-murid akan lebih cepat menangkap pelajaran jika hati mereka riang.

Minnaar berkaca pada pengalamannya sendiri saat duduk di bangku sekolah. Waktu itu dia adalah murid hiperaktif dan kesulitan belajar karena kurikulum yang begitu membosankan. Apalagi jika pelajarannya sulit seperti ilmu eksakta.

Kurt Minnaar ©YouTube

Saat dewasa, dia menyadari kalau sistem pendidikan tradisional tidak bisa diterapkan untuk semua anak. Jadi dia menerapkan metode pengajaran baru yang lebih sesuai untuk anak-anak seperti dirinya.

“Cara mengajar tradisional hanya cocok untuk tipe pelajar yang mendengarkan dan mencatat, atau pelajar independen,” kata Minnaar dalam sebuah wawancara dengan Daily Voice. “Di kelas saya ada murid-murid kelas 8 yang bahkan tidak paham pelajaran kelas 4. Melalui rap, saya telah menciptakan sebuah metode pengajaran yang sesuai untuk pelajar kreatif, hiperaktif, atau disleksia.”

Kurt Minnaar. ©YouTube

Setelah metode belajar perkalian dengan lagu hip-hop sukses, Minnaar berniat membuat lagu baru untuk materi pelajaran lainnya. “Saya telah melihat beberapa hasil yang baik di kelas saya, tetapi untuk melihat hasil yang lebih besar saya harus membuat lebih banyak materi pembelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Ada begitu banyak ide lain yang masih ingin saya terapkan, tapi semua itu akan memakan waktu lama,” katanya. [tsr]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here