Liputan6.com, Jakarta Menjalankan gaya hidup sehat tak berarti butuh biaya mahal. Anda pun bisa menjalankannya bersama pasangan di sekitar rumah. Dibandingkan Anda harus membayar keanggotaan di gym, berolahraga di rumah jelas lebih menghemat biaya. Inilah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan bersama.

nama lainnya naik dan turun tangga. Jika rumah Anda multilantai, Anda bisa menggunakan tangga sebagai lokasi berolahraga. Pertama, lakukan pemanasan dahulu dengan gerakan ringan hingga suhu tubuh meningkat. Lalu, Anda bisa berlomba menaiki tangga dengan durasi tertentu yang ditentukan.

Lakukan hal yang sama untuk pasangan, dan agar lebih semangat berikan reward bagi pemenang. Misalnya, jika ada yang berhasil mencapai waktu paling cepat, dia akan mendapatkan makanan favoritnya setelah selesai olahraga.

Olahraga 10 menit

Saat ini, praktisi olahraga sudah banyak yang mempraktikkan high intensity interval training (HIIT). Pada dasarnya, latihan ini adalah latihan dalam intensitas tinggi namun dalam waktu singkat. Mayoritas gerakannya adalah gerakan di tempat, sehingga bisa Anda praktikkan di ruang tengah. Anda bisa melihat banyak panduannya di YouTube.

Pilih yang untuk pemula. Anda bisa menjalankan setiap langkahnya bersama pasangan. Untuk minggu pertama, pilih yang gerakannya paling mudah, lalu di minggu ke dua, lakukan gerakan yang lebih bervariasi. Dan, lakukan gerakan yang lebih kompleks lagi setiap pertambahan minggu.

Berdansa

Tak perlu susah-susah berdansa dengan menggunakan musik klasik. Jika Anda tak pernah berlatih sebelumnya, dansa klasik seperti waltz atau tango tentunya susah dilakukan. Sebaiknya pilih gerakan mudah yang sering Anda lakukan saat mendengarkan musik.

Nyalakan musik favorit yang nge-beat lalu lakukan gerakan seperti pemanasan dan lompatan dengan iringan musik tersebut. Olahraga akan lebih seru dan nggak terasa memberatkan.

Berjalan atau bersepeda di sekitar rumah

Bangunlah lebih pagi setiap weekend lalu ajaklah pasangan berlari, jalan kaki, atau bersepeda mengelilingi kompleks rumah selama 60 menit. Jika kompleks rumah tak terlalu besar, carilah rute perjalanan di sekitar rumah yang tak terlalu ramai oleh kendaraan dan bisa Anda gunakan untuk jalan kaki di pagi hari.

Membersihkan rumah

Yap, membereskan selruuh peralatan yang ada di rumah juga akan membakar kalori tubuh Anda. Agar kegiatan membersihkan lebih ringan, Anda bisa mengajak pasangan. Mulailah dengan membereskan kamar, ruang tamu, halaman, dan diakhiri dengan memasak bersama untuk dinikmati usai olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here