RAKYAT.NET, Jakarta – Cegukan seringkali datang secara tiba-tiba dan di saat yang paling tidak nyaman. Terkadang cegukan bisa datang saat kamu ada di dalam rapat penting, di dalam kendaraan umum, atau malah saat sedang beribadah. Sangat tidak nyaman. Dan seolah semua mata tertuju kepada kita.

Cara sederhana paling efektif untuk menghentikan cegukan seperti berikut ini:

1. Tutup mulut

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantumu menyingkirkan cegukan.

2. Menekan telapak tangan

Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Sebabnya akan muncul ketidaknyamanan yang kemudian mempengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.

3. Menahan napas

Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbon dioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

4. Menjulurkan lidah

Ketika tidak ada orang di sekitarmu, julurkan lidah. Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Kamu akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

5. Menutup telinga

Menghentikan cegukan ternyata bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20 hingga 30 detik. Selain itu, kamu juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.

6. Minum air

Ambil 9 atau 10 teguk air untuk menghentikan cegukan. Sebab saat kamu meneguk minuman, kontraksi ritmik esofagus menimpa diafragma yang kejang sehingga cegukan bisa berhenti.

Terakhir, jika cara di atas tak efektif juga, kamu bisa menggabungkan cara minum air sambil menahan napas.

Sumber: merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here