RAKYAT.NET, Jakarta – Sebuah pesan berantai muncul di ranah WhatsApp, meminta penggunanya untuk ‘tidak menyentuh titik hitam (black dot) yang tertera di layar. Pesan ini justru malah membuat pengguna meng-klik, dengan alasan ‘penasaran’.

Dilansir melalui IT Explore, titik hitam itu ternyata bisa membuat smartphone kita menjadi lemot alias tidak responsif atau nge-hang seketika. Ini bisa berpengaruh pada semua jenis sistem operasi, baik iPhone maupun Android.

Sebelum memulai melakukan perbaikan, ada baiknya anda lebih dulu mengenal apa yang tersimpan di balik titik hitam itu. Menuru laman Android Territory, simbol titik hitam itu ternyata berisi pesan yang tersembunyi. Bukan pesan secara harfiah namun jumlah karakter yang menipu.

Jika dilihat dari kata-katanya, ‘Jangan sentuh titik hitam ini’ maka yang terlihat hanyalah sekitar 6 sampai 12 kata di satu kalimat. Namun nyatanya, jika ditelusuri, jumlahnya bisa mencapai ribuan kata dan karakter. Satu pesan yang dikirim, jumlahnya bisa setara dengan satu cerpen dalam sebuah majalah. Ribuan karakter ini membuat memori smartphone menjadi penuh dan membuat perangkat lambat me-respons.

Setidaknya, menurut laman tersebut, ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kembali ‘kesadaran’ smartphone milik kita. Pasalnya, pengaruh titik hitam itu tidak akan berlangsung lama.

1. Hapus Recent Apps

Cara mudahnya, anda tinggal tutup WhatsApp, lalu hapus semua aplikasi melalui tombol Recent Apps, yang biasanya (di Android) terletak di sebelah kiri tombol Home.

2. Reboot

Jika hapus recent apps tidak berhasil, anda bisa melakukan reboot perangkat. Dengan demikian, iPhone atau Android anda akan normal kembali

3. Factory reset

Ini merupakan cara terakhir yang bisa anda lakukan jika dua cara tersebut tidak mampu membuat perangkat anda kembali normal. Factory Reset sama saja dengan menghapus semua memori yang tersimpan dalam perangkat.

Yang terpenting, jangan pernah mengirimkan kembali pesan broadcast yang anda terima, yang sifatnya mencurigakan, ke orang lain. Dengan demikian, pesan berantai itu akan terputus dengan sendirinya.

Sumber: viva.co.id, IT Explore

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here