RAKYAT.NET, Jakarta – Telur sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun semua orang pasti tidak ingin mengalami kesalahan fatal yaitu salah memilih telur busuk ketika memasak.

Telur busuk selain tidak layak untuk disantap, berbau busuk dan mengandung berbagai bakteri penyebab diare dan gangguan pencernaan.

Cara termudah mengenali tanda-tanda telur sudah busuk adalah sbb :

Pertama, telur busuk akan tenggelam di dalam air

Dari sekian banyak cara yang ada, menenggelamkan telur dalam air adalah cara termudah untuk mengetahui kondisi telur yang masih baik atau sudah busuk.

Telur busuk tenggelam di air karena seiring bertambahnya usia telur, kantong udara kecil di cangkangnya mengembang.

Cium baunya

Cangkang telur memang sangat kuat sehingga saat bagian dalam telur sudah membusuk, Anda tak bisa mengetahuinya. Tentu saja Anda harus memecahkan telur ke dalam mangkuk dan mulai mencium baunya sebelum dimasak.

Gunakan lilin

Tes ini sedikit lebih rumit, tetapi masih mudah dipahaminya. Namanya candling. Anda harus mematikan lampu di dalam ruangan hingga benar-benar gelap, lalu pegang lilin yang sudah menyala di belakang telur. Anda bisa juga menggunakan korek api.

Miringkan telur dengan cepat dan Anda mungkin bisa melihat gelembung udara kecil bergerak di dalam cangkangnya. Jika gelembung besar terlihat jelas, ini bisa berarti telur sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya sudah menurun.

Jika cahaya menembus telur, maka telur tersebut aman dikonsumsi.

Sumber: viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here