Cara Mengusir Tikus Di Rumah harus sedini mungkin kita lakukan agar rumah tetap bersih dan juga nyaman. Tikus adalah hewan mamalia yang identik dengan lingkungan kotor dan penyakit. Hampir di setiap rumah pasti terdapat hewan yang satu ini. Kesal rasanya ketika hewan ini muncul mencari sisa sisa makanan bahkan makanan baru serta membuat kerusakan di tempat yang kita huni yaitu rumah. Sering kita jumpai kerusakan yang timbul karena hewan ini, misalnya saja pada lemari. Hewan ini sangat lincah sehingga kita tidak bisa menangkapnya begitu saja. Perlu trik dan beberapa tips untuk membuat hewan yang satu ini tertangkap bahkan bisa dibasmi sekalipun agar rumah kita terhindar dari penyakit yang ditimbulkan.

Tikus tidak hanya menimbulkan lingkungan kotor, akan tetapi hewan ini juga dapat menyebabkan beberapa penyakit, misalnya saja penyakit leptospirosis. Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kencing tikus. Penyakit yang disebabkan tikus ini bisa saja menular pada manusia. Cara penularannya melalui kencing hewan yang terkena penyakit lalu masuk pada genangan air yang ada pada sekitar lingkungan kita. Dan jika terdapat luka di kaki atau di tangan kita maka bakteri dari penyakit ini akan masuk kedalam tubuh kita.

Banyak sekali macam penyakit yang disebabkan oleh tikus baik itu berdampak ringan pada tubuh kita bahkan bisa saja menyebabkan kematian. Banyak cara yang ingin dicari untuk membasmi hewan yang satu ini khususnya di dalam rumah.

Tikus sangat menyukai tempat atau lingkungan yang kotor, maka kebersihan pada rumah kita wajib kita jaga. Tetapi bersih pun kadang tak cukup untuk membasmi hewan yang satu ini, karena hewan ini tergolong hewan yang sangat brutal. Apalagi kalau di rumah kita terdapat hewan peliharaan seperti burung dan sebagainya. Pastinya menjadi sasaran empuk bagi sang tikus. Langsung saja akan kita ulas beberapa tips untuk mengusir tikus di dalam rumah agar barang yang ada di rumah kita aman dan tidak rusak karena tikus. (baca juga : cara merawat kaktus )

  1. Memelihara Kucing

Tikus adalah salah satu hewan yang takut pada kucing, karena makanan favorit kucing bisa dibilang sang tikus ini. Kucing dan tikus di ibaratkan seperti air dan minyak. Mereka tidak akan pernah bersatu dimanapun dan kapanpun berada. Tidak usah khawatir jenis kucing yang akan dipelihara, baik jantan atau betina yang terpenting namanya adalah kucing. Tentunya dengan memelihara kucing, bisa dijadikan tips untuk mengusir tikus dalam rumah. Dimana ada tikus berkeliaran, kucing akan langsung menjadikan mangsanya. (baca juga : tips memilih kompor gas)

  1. Menggunakan Buah Mengkudu

Buah mengkudu biasanya sering dipakai untuk jamu. Buah ini baunya tidak enak jika tidak terbiasa menciumnya. Caranya adalah dengan mencampurkan buah tersebut dengan air kemudian siramkan ke daerah yang kerap di datangi tikus. Tapi sebelum mencampurkannya, hancurkan dulu buah tersebut lalu campurkan ke dalam air. Cairan dari buah mengkudu dapat digunakan untuk mengusir tikus. Biasanya trik ini sering digunakan oleh petani untuk mengusir tikus di sawah. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk kita gunakan mengusir tikus di dalam rumah. (baca juga : tips memilih tv)

  1. Menggunakan Jebakan Tikus

Cara yang satu ini adalah cara yang manjur. Memakai cara ini membuat tikus takut dan jika berhasil tikus langsung mati. Caranya adalah dengan mengorbankan sedikit makanan contohnya seperti ikan asin. Ikan asin kita letakkan dekat jebakan tikus agar saat tikus mencoba memangsanya akan terkena jebakan tersebut. Banyak jebakan tikus yang terjual di toko toko, kita cukup membelinya saja. Hati hati jika meletakkan makan terhadap jebakannya, kalau tidak hati hati jebakannya akan mengenai tangan kita. (baca juga : cara menghilangkan cat)

  1. Mewarnai Tikus

Cara ini adalah salah satu cara yang bisa dibilang lucu dan tidak masuk akal. Tetapi cara ini terbukti sangat ampuh. Bukan cuma membasmi tikus, kita juga perlu untuk mencegah tikus datang kembali. Cara ini salah satunya adalah tangkap salah satu tikus dan warnai dengan pewarna makanan atau yang lainnya. Kemudian lepaskan tikus yang sudah diwarnai dan saat bertemu dengan kawan tikus yang lain, tikus tikus akan bercerai berai ketakutan.

  1. Menggunakan Cabai Dan Deterjen

Cabai adalah salah satu bahan dapur dengan rasa yang sangat pedas. Cabai dan deterjen juga bisa dibuat untuk membasmi tikus. Caranya adalah siapkan beberapa cabai lalu hancurkan cabai tersebut. Setelah itu ambillah deterjen dan campurkan cabai yang hancur tadi dengan sedikit air. Tempatkan beberapa campuran tadi kedalam botol spray. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan cara menyemprotkan langsung pada tikus. Tikus akan kepanasan jika terkena beberapa campuran ramuan tersebut.  Tetapi perlu diwaspadai dengan cara yang satu ini. Hati hati dalam penggunaannya karena cabai sangat pedas jika terkena anggota badan kita terutama terkena mata. (baca juga :  cara membuat taman di rumah)

  1. Menjaga Kebersihan

Dalam lingkungan yang bersih akan tercipta suasana yang nyaman. Tips ini salah satu bentuk cara mengusir tikus di rumah. Bersihkan area area rumah yang jarang dibersihkan minimal satu minggu sekali. Misalnya area di bawah tempat tidur. Jangan lupa juga untuk membuang tempat sampah setiap hari. Disamping untuk mencegah datangnya tikus, lingkungan di dalam rumah juga akan tetap terjaga kebersihannya. (baca juga : cara memilih warna cat rumah)

  1. Menggunakan Kulit Durian

Buah durian adalah buah yang lezat, namun kali ini yang kita gunakan bukan buahnya akan tetapi kulitnya. Kulit durian bisa mengusir tikus bahkan sampai membuat tikus mati, utamanya tikus curut. Letakkan kulit durian pada lingkungan yang biasa dilewati tikus. Bau dan tajamnya kulit durian ampuh dalam mengusir tikus. (baca juga : cara perawatan dapur)

  1. Menggunakan Daun Mint

Daun mint adalah daun yang mempunyai banyak manfaat dalam kesehatan. Namun daun mint juga bisa dibuat untuk mengusir tikus di dalam rumah, karena tikus sangat tidak menyukai aroma daun mint. Caranya sangat mudah, ambillah daun mint sebanyak 3 ikat dan ambillah sarinya serta larutkan ke dalam air. Sesudah itu semprotkan cairan tersebut ke tempat yang biasa di datangi tikus. Dengan sendirinya tikus akan hilang karena bau dari daun mint. Lebih baik jika bisa menanam pohon mint disekitar rumah agar rumah kita juga segar dengan aromanya.

  1. Lem Tikus

Cara yang satu ini cara yang sangat ampuh dengan menggunakan lem tikus. Lem tikus sudah banyak terjual di toko. Caranya cukup mudah, letakkan lem pada triplek atau papan kemudian letakkan pada area yang biasa dilewati tikus. Lebih baik jika diats lem diberi sedikit makanan guna memancing si tikus agar mendatanginya. (baca juga :  cara memasang handle pintu)

  1. Dengan Kapur Barus

Tikus adalah salah satu hewan yang benci dengan aroma kapur barus. Caranya sangat mudah cukup letakkan kapur barus pada tempat yang sering ditempati tikus. Dengan aromanya tikus akan terusir dan menghindar. Kapur barus juga mudah untuk di dapatkan. (baca juga :  cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel)

  1. Racun Tikus

Cara yang ini sudah sangat terbukti ampuh. Cara mengusir tikus dengan racun tikus ini biasanya dilakukan para petani untuk membasmi kelompok tikus disawah dan juga biasanya digunakan mengusir tikus di dalam gudang. Tetapi boleh juga buat mengusir tikus di dalam rumah, caranya sama seperti yang dilakukan para petani dengan menyebarkan racun tikus ke area yang disenangi tikus. Tetapi hati hati dengan cara ini karena racun membuat lingkungan disekitar terasa kurang baik terutama bagi pernafasan. (baca juga : cara menanam bunga di pot)

  1. Memelihara Jangkrik

Mengusir tikus yang ada di dalam rumah bisa juga dilakukan dengan memelihara jangkrik. Hewan jangkrik ini mempunyai bunyi suara yang nyaring apalagi biasanya jangkrik berbunyi pada malam hari. Suara dari jangkrik ini akan menggangu pendengaran tikus. Sebab tikus adalah hewan yang tidak suka kebisingan dan suasana keramaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here