RAKYAT.NET, Jakarta – Otak manusia secara garis besar terbagi menjadi dua bagian. yaitu otak kanan dan otak kiri. Keduanya memproses informai berbeda. Setiap manusia akan cenderung lebih dominan menggunakan salah satu bagian otak. Ada yang dominan memakai otak sisi kiri atau sisi kanan dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh bagian otak mana yang lebih banyak digunakan. Dengan mengenali cenderung menggunakan otak kanan atau otak kiri kita bisa memahami sifat, kebiasaan maupun perilaku seseorang.

Menurut teori ini, otak kanan bertanggung jawab secara acak, intuitif, holistik, menyatukan dan pemikiran subyektif. Sementara otak kiri berperan untuk berfikir logika, skuensial, rasional, analitis, dan obyektif.

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented.