RAKYAT.NET, Jakarta – Bekerja kantoran selama 8 jam sehari membuat kondisi tubuh lemah. Apalagi bagi Anda sebagai pekerja di kota-kota besar yang sangat macet dan menghabiskan waktu beberapa jam untuk sampai di kantor.

Inilah beberapa tips agar Anda tetap bugar selama bekerja di kantor:

1. Hindari tubuh dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh menjadi salah satu faktor penyebab kelelahan. Agar tubuh tetap fit selama bekerja Anda disarankan untuk memiliki kebiasaan minum lebih banyak. Agar tidak bosan Anda bisa minum bervariasi minuman setiap hari. Seperti teh, jus aneka buah dan air putih.

2. Makan Karbohidrat dan Protein

Konsumsi makanan berkarbohidrat dan protein. Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein dapat menambah energi tubuh dengan sempurna. Namun jangan makanan berkarbohidrat secara berlebihan. Sebab terlalu kenyang justru akan memicu rasa kantuk. Disarankan lebih baik Anda makan buah apel, potongan keju, biskuit dengan selai kacang, atau protein bar.

3. Hindari gorengan atau keripik

Bagi Anda penyuka gorengan, sebaiknya Anda hindari makan gorengan terlalu banyak. Minyak goreng yang terkandung dalam gorengan tersebut akan memicu rasa haus lebih tinggi dan dapat menimbulkan tubuh terasa lemas.

4. Buat aktifitas gerakan ringan di dalam kantor

Aktifitas tubuh atau gerakan tubuh ringan, seperti berdiri, berjalan mengambil air minum, ke kamar mandi, atau aktifitas fisik ringan lainnya. Dengan melakukan aktifitas ringan tersebut tubuh menjadi segar kembali. (Red.)

Foto: hidagym