Cara Membasmi Rayap Di Lemari juga harus anda perhatikan selain Cara Membasmi Rayap Di Atap Rumah Menggunakan perabotan kayu tentu menjadi pilihan banyak orang, meski saat ini ada banyak material lainnya selain kayu yang bisa digunakan. Semua hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri, mengingat perabotan plastik memang lebih praktis dan bahkan lebih mudah perawatannya. Untuk sebagian orang yang lebih suka dengan hal yang praktis, jelas pilihan untuk menggunakan parabotan plastik akan banyak dipertimbangkan.

Semua kelebihan yang terdapat di dalam perabotan kayu, jelas akan berbanding lurus dengan nilai serta harganya yang terbilang cukup tinggi di pasaran. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat proses pembuatan serta bahan bakunya juga terbilang mahal.

Beberapa perabotan kayu bahkan tidak bisa dibuat dengan menggunakan mesin dan masih dibentuk secara manual, sehingga sangat wajar jika dihargai cukup tinggi di pasaran. Jika melihat harganya yang tinggi, maka sudah jelas berbagai perabotan ini wajib dijaga dan dirawat dengan maksimal. Kita tentu tidak ingin mengalami kerugian, akibat perawatan yang tidak baik pada perabotan yang kita miliki, bukan?

 

Di antara berbagai perabotan berbahan kayu yang lazim digunakan, lemari kayu menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang. Bodynya yang kokoh dan bisa dibentuk sesuai dengan selera, menjadi salah satu alasan mengapa hingga saat ini lemari kayu masih saja memiliki banyak penggemar. Namun sama halnya dengan berbagai perabotan berbahan kayu lainnya, lemari kayu juga sangat rentan pada gangguan rayap serta masalah kelembaban, sehingga jelas perabotan ini akan membutuhkan perawatan ekstra dari pemiliknya. Gangguan rayap ini akan membuat lemari mudah lapuk dan bahkan mengalami kerusakan dalam waktu yang singkat, itulah mengapa sangat penting untuk selalu menjaga agar kondisi lemari selalu bebas rayap. Untuk itu, selalu atasi gangguan rayap pada lemari dengan langkah-langkah yang tepat. (Baca juga: Cara Membersihkan Oven Listrik ) Berikut ini adalah cara membasmi rayap di lemari, sehingga perabotan tersebut bebas dari gangguan rayap:

  1. Pasang Jebakan Kardus

Untuk bisa melakukan cara ini, tentu kita harus mengetahui dengan baik di mana sarang rayap tersebut. Hal ini akan membuat proses menjadi lebih mudah, dengan waktu yang lebih singkat. Jika sarang rayap telah diketahui, segera ambil beberapa lembar kardus bekas dan basahi dengan air (tidak perlu terlalu lama, sehingga tekstur kardus tidak rusak oleh air). Setelah dibasahi, letakkan kardus-kardus tesebut di sekitar area sarang rayap, sehingga rayap-rayap tersebut bisa menemukannya dengan mudah.

Sebagaimana kita ketahui, rayap suka makan selulosa, dan ini terkandung di dalam kardus tersebut. Biarkan kardus-kardus tersebut di sekitar area sarang hingga beberapa jam, sehingga rayap mendatangi dan mulai memakannya. Jika kelompok rayap telah berkumpul dan memakan bagian kardus tersebut, segera angkat ke tempat yang aman, dan bakar kardus beserta rayap tersebut di sana.

  1. Gunakan Asam Borat

Asam Borat atau yang juga dikenal dengan nama Boric Acid adalah senyawa kimia yang lazim digunakan menjadi bahan cairan pembasmi serangga seperti rayap. Sangat tepat untuk menggunakan bahan ini dalam mengatasi rayap di lemari kayu, sebab Asam Borat memang bekerja dengan cepat dan ampuh mengatasi rayap dengan mudah dalam waktu yang singkat. Cairkan Asam Borat dan masukkan ke dalam wadah semprotan, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Cairan ini akan mengatasi rayap dengan cepat, dan mematikan, sehingga tidak perlu menunggu proses yang lama setelah menggunakannya pada sarang rayap. (Baca Juga : Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur )

  1. Berikan suhu yang dingin

Sebagaimana serangga lainnya, rayap lebih senang dengan kondisi yang sedikit lembab dan tidak terlalu dingin. Untuk itu, pilihan mendinginkan adalah langkah ekstrim yang bisa membuat rayap mati dengan seketika. Cobalah untuk menyalakan Air Conditioner (AC) di ruangan yang terdapat lemari berayap tersebut, dan atur temperaturnya ke angka yang paling kecil. Jika ruangan tidak menggunakan AC, maka tidak ada salahnya untuk memindahkan sementara lemari tersebut ke ruangan yang dipasangi AC. Perubahan suhu yang ekstrim (dari lembab menjadi dingin) ini, akan membuat rayap-rayap tersebut mati dengan mudah dan cepat. Hal ini akan membantu untuk mengatasi rayap dalam jumlah besar sekalipun, sehingga lemari tetap bersih dan bebas rayap.

  1. Gunakan larutan garam

Untuk mengatasi rayap, kita juga bisa menggunakan garam dapur. Selain mudah, cara yang satu ini juga terbilang hemat dan murah meriah. Cairkan semangkuk garam dengan setengah liter air, sehingga kandungan garamnya memang masih tinggi dan bisa bekerja dengan maksimal pada rayap. Semprotkan cairan tersebut pada rayap, dan pastikan semua rayap yang terdapat di dalam lemari kena semprot dengan merata. Cairan ini akan membuat rayap lemas dan mati setelah beberapa saat penggunaannya, sehingga masalah rayap pada lemari ini bisa diatasi dengan sangat baik dan cepat.

 

  1. Menghangatkan dengan sinar matahari

Rayap suka dengan tempat lembab dan jauh dari kehangatan sinar matahari, sebab serangga ini biasanya akan hidup di tempat yang gelap dan jauh dari cahaya terang. Inilah yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengatasi masalah rayap pada lemari. Pindahkanlah lemari ke area yang bisa terkena sinar matahari, sehingga rayap-rayap di lemari tersebut kabur dan tidak kembali lagi. Akan lebih baik lagi jika lemari tersebut dijemur di halaman depan atau halaman belakang rumah, sehingga lemari bisa mendapatkan sinar matahari langsung dan rayap-rayap tersebut bisa diatasi dalam waktu yang singkat.Jika dijemur, biasanya rayap akan mati dan teratasi dengan sangat baik, sebab pada umumnya rayap ini tidak akan kembali lagi ke lemari.

 

  1. Gunakan air rendaman tembakau

Cara Membasmi Rayap Di Lemari bisa diatasi dengan menggunakan air rendaman tembakau, sebab cairan ini sangat ampuh untuk membunuh rayap dalam kurun waktu yang cepat. Ambil segenggam tembakau dan rendam di dalam air selama beberapa jam, sehingga air menjadi larutan tembakau yang bararoma kuat. Jika sudah cukup lama, pisahkan ampas tembakau dengan air rendaman tersebut. Ambil sebuah semprotan, lalu masukkan air rendaman tembakau ke dalam semprotan tersebut. Carilah sarang rayap di dalam lemari, dan lakukan penyemprotan dengan merata pada bagian lemari yang berayap. Semprot bagian sarang dan juga semua rayap yang terdapat di lemari, agar tak ada lagi rayap atau telur rayap yang luput dari proses penyemprotan ini. Jika dirasa kurang, lakukan penyemprotan ulang sejam setelah penyemprotan pertama, untuk memastikan bahwa semua rayap akan mati dan tak lagi bersisa. (Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin )

  1. Gunakan Cacing Nematoda

Cacing nematoda merupakan salah satu jenis parasit yang banyak memakan binatang-binatang kecil di sekitarnya. Meski berbentuk parasit, namun cacing ini juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan parasit di sekitar kita, termasuk gangguan yang ditimbulkan oleh rayap kayu. Jika sulit untuk menemukan cacing ini secara langsung pada area taman atau halaman rumah, maka tidak ada salahnya untuk membelinya saja. Cari dan beli cacing ini di kios-kios penjual pakan hewan, sebab biasanya tempat-tempat tersebut akan menjualnya.

Tempatkan cacing pada bagian lemari yang berayap, agar parasit tersebut bisa makan dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Nematoda akan memakan habis semua rayap di sekitarnya, sehingga masalah lemari berayap ini akan bisa diatasi dengan segera. Bukan hanya itu saja, cacing nematoda bahkan akan memakan habis semua larva rayap yang terdapat di dalam lemari tersebut dan membuat lemari bersih dari rayap. Kemampuan nematoda tentu tidak perlu diragukan lagi, mengingat sejak lama cacing ini memang sering digunakan sebagai alat pembasmi serangga, seperti rayap dan yang lainnya.

 

  1. Gunakan cairan kapur sirih

Sama halnya dengan jenis cairan lainnya, cairan kapur sirih ini juga sangat ampuh untuk mengatasi masalah rayap pada lemari. Sejak lama kapur sirih memang kerap digunakan untuk mengatasi masalah rayap, termasuk rayap yang terdapat di dalam perabotan seperti lemari dan rak lainnya. Cairan ini akan bersifat panas dan membuat rayap mati dengan seketika, bahkan yang masih berupa larva sekalipun. Beli dan campurkan kapur sirih dengan segelas air, lalu aduk hingga merata dan berbentuk cairan putih yang pekat.

Masukkan cairan kapur sirih ini ke dalam semprotan, sehingga bisa lebih mudah untuk digunakan pada bagian-bagian lemari yang berayap. Mulailah menyemprot pada bagian sarang rayap, sehingga kawanan rayap di dalamnya bisa mati dan tidak meyebar ke mana-mana. Setelah itu, lakukan penyemprotan pada bagian lainnya yang dianggap perlu, agar rayap tidak pindah dan bersarang pada sisi-sisi yang baru pada lemari. Biasanya, penyemprotan ini tidak perlu diulang kembali, sebab rayap akan bisa diatasi dengan baik pada saat penyemprotan pertama saja.

 

Jika lemari sudah bebas dari rayap, maka hindari untuk menyimpannya di dalam ruangan lembab dan kurang sinar matahari. Jadi begitulah cara membasmi rayap di lemari anda. Jadi tetap perhatikan kebersihan dan juga kelembapan lemari anda. Jangan sampai lemari anda menjadi tempat sarang rayap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here