Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orang hanya melihat pasir hisap dalam film yang umumnya terdapat pada tepian sungai, garis pantai dan rawa. Namun, bila Anda menghadapi situasi itersebut, Anda bisa keluar dengan trik tertentu.

Tak sedikit yang berpikir bahwa seseorang akan tertanam hingga ke bagian leher dan tercekik. Itu hanyalah mitos. Sebuah penelitian tahun 2005 menemukan bahwa seseorang tak bisa terjebak seluruh tubuh dalam pasir tersebut. Kepadatan tubuh manusia membuat mereka akan mengapung di atas substansi yang terdiri dari air garam dan hanya akan tenggelam hingga pinggang. Namun, terjebak di pasir hisap bisa berakibat fatal jika Anda berada di dekat air yang sedang pasang, terisolasi tanpa bantuan, atau berada dalam kondisi hipotermia atau kelaparan.

Puasa Ramadan Membantu Kurangi Risiko Kolesterol Jahat Meski tak akan membunuh, apa yang sebaiknya dilakukan jika terjatuh ke pasir hisap? Pertama, tetaplah tenang. Pasir hisap yang padat dapat memberi tekanan pada paru-paru dan tubuh. Kepanikan dapat menyebabkan sesak napas dan membatasi aliran darah. Tarik napas dalam-dalam dan jangan panik. Jika Anda membawa barang, coba lepaskan agar tak menambah beban. Bahkan, lepaskan juga sepatu yang Anda pakai.

Satu hal yang tak kalah penting: jangan meminta teman untuk menarik Anda! Hal itu hanya akan membuat bahu Anda sakit namun tak mengeluarkan tubuh Anda.

Ketika setengah tubuh sudah terkubur, mulailah menggoyang-goyangkan kaki agar air yang tercampur pasir masuk ke sekitar tubuh Anda sehingga daerah tersebut mulai melonggar. Kemudian, mulailah bersandar dan melakukan gerakan renang gaya punggung sambil terus menggoyangkan kaki. Bagian atas tubuh akan perperan sebagai penyeimbang tubuh sehingga Anda bisa terus menggerakkan bagian kaki agar terlepas satu per satu.

Begitu agak terbebas, carilah bagian yang keras di sekitar Anda sehingga Anda bisa bertumpu dengan tangan dan menarik tubuh Anda keluar.

(ASA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here