RAKYAT.NET, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi bahwa kolesterol merupakan salah satu pemicu seseorang dapat menderita penyakit jantung, serangan jantung bahkan stroke. Sebenarnya tak semuanya kolesterol itu bersifat jahat, ada juga yang baik bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari alodokter.com, secara umum kolesterol digolongkan menjadi 2 macam yakni kolesterol jahat atau sering disebut LDL artinya low-density lipoprotein dan kolesterol baik yang sering disebut HDL artinya high-density lipoprotein. LDL ini dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit berbahaya, seperti yang telah disebutkan tadi. Namun HDL malah mampu untuk mencegah terjadinya penyakit berbahaya tersebut.

Seringkali orang mengeluhkan dan meyakini bahwa kadar kolesterol di dalam tubuhnya terasa meningkat. Namun terkadang malas untuk memeriksakan diri ke dokter. Mulai dari kesibukan bekerja hingga merasa malas mengantri di poliklinik atau rumah sakit.

Namun sekarang Anda bisa melakukan pengecekan secara manual dan tanpa alat kadar kolesterol di dalam tubuh. Menurut Bapak Bayu Diningrat seorang ahli herbal mengungkapkan bahwa untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, lakukan cara di bawah ini :

1. Coba Anda tidur disuatu ruangan pada suhu 25 derajat celcius.
2. Apabila Anda bisa tidur dengan nyaman tanpa mengenakan selimut, hal itu menandakan bahwa kadar kolesterol anda normal.
3. Apabila merasakan kedinginan bahkan mengigil maka kadar kolesterol anda di ambang rendah
4. Namun jika Anda tidak bisa tidur dan tubuh anda malah kegerahan dan rasanya ingin buka baju, berarti kadar kolesterol di dalam tubuh anda cukup tinggi.

Lantas bagaimana jika ternyata kolesterol sedang tinggi ? Yang perlu dilakukan pada saat kadar kolesterol tinggi yaitu hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, seperti gorengan bahkan jeroan dan perbanyaklah minum air putih dan juga rajin-rajin berolahraga.