Jakarta – Tahun 2017 ini PT Transportasi Jakarta menambah rute baru untuk moda transportasi bus Transjakarta. Rute baru tersebut akan melayani masyarakat yang hendak bepergian ke BandaraInternasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

“Rute Bandara Soetta dan Halim Perdana Kusuma,” ungkap Dirut Pelayanan PT Transjakarta, Welfizon Yuza di Jakarta, Rabu (25/1).

Selain rute ke Bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma, Bus Transjakarta juga akan terintegrasi dengan stasiun kereta api di Juanda, Kalibata, dan Kebayoran Lama. Sebelumnya, Transjakarta sudah membuka rute perjalanan ke Stasiun Tebet dan Stasiun Manggarai. Menurut Welfizon, Transjakarta kelak akan memperluas rutenya hingga ke kawasan Jabodetabek yang lain.

“Rute integrasi KAI Stasiun Juanda, Kalibata, Kebayoran Lama. Juga BSD, Bintaro, Cikarang, Pondok Indah,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono menuturkan jika pihaknya juga akan merambah rute perumahan ke daerah Cibubur, Pluit-PIK, dan Pondok Indah. “Saya mencoba menambah rute baru bukan koridor. Kita nanti tambah lagi ke rute Cibubur,” ungkap Budi.

Rute-rute tersebut sengaja dibuka karena merespons pertumbuhan penumpang Transjakarta tahun 2016 lalu yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Di samping itu, rute perumahan juga dibuka untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk ke DKI Jakarta, sehingga dapat meminimalisir kemacetan lalu lintas. Pasalnya kaum pekerja mayoritas berasal dari Bekasi dan Tangerang. Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph mengungkapkan tahun 2016 penumpang bus Transjakarta per hari mencapai 403 ribu orang, naik 41% dari sebelumnya yang hanya 230 ribu penumpang.

“Penduduk Jakarta kalau siang itu 30 juta tapi kalau malam 20 juta. Itu sebabnya kita buat Transjakarta sampai Bekasi, Ciputat, Tangerang,” ujar Budi.

Sebelumnya Transjakarta menambah 6 rute baru untuk mengakomodir penumpang, antara lain rute Bekasi MM-Bundaran HI, Bekasi MM-Tanjung Priok, Bekasi Timur-Grogol, Lebak Bulus-Kota, TU Gas JIEP-Lebak Bulus, Manggarai-Universitas Indonesia.

Sumber : bandarasoekarnohatta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here