TEMPO.CO, Jakarta – Manchester City secara resmi mendapatkan penjaga gawang Ederson dari Benfica pada bursa transfer musim panas ini. Ederson dan City telah menyelesaikan penandatanganan kontrak pada Kamis, 8 Juni 2017 waktu setempat.

Laman Daily Mail mengabarkan bahwa Ederson menjadi penjaga gawang termahal di Inggris saat ini. City harus merogoh kocek hingga 34,7 juta pound sterling atau sekitar Rp 598,5 miliar untuk menebusnya dari klub asal Portugal itu.

Nilai Ederson itu jauh lebih besar ketimbang harga David de Gea ketika diboyong Manchester United dari Atletico Madrid enam tahun lalu dengan mahar senilai 18,9 juta pound sterling atau sekitar Rp 282,7 miliar.

Namun uang Manchester City itu disebut akan mengalir tak hanya kepada Benfica. Klub lamanya, Rio Ave, akan menerima 30 persen dari nilai itu sementara Gestifute, perusahaan agensi pemain yang dijalankan oleh Jorge Mendes, mendapatkan 20 persen.

Meskipun demikian belum jelas durasi kontrak Ederson. Demikian juga dengan bayaran yang diterima Ederson selama berseragam biru langit.

Ederson mengaku senang bisa hijrah ke Manchester City pada bursa transfer kali ini. Dia mengatakan bahwa bermain di Liga Inggris merupakan impiannya sejak masih kecil. Dia juga sangat senang bergabung dengan Manchester City yang kini ditangani oleh Pep Guardiola.

“Saya selalu memimpikan bermain di Liga Inggris dan sekarang hal itu menjadi nyata,” ujarnya.

“Manchester City adalah klub yang hebat berkembang pesat belakangan ini. Sekarang dengan Pep Guardiola mereka berkembang lebih pesat lagi. Mereka menempatkan pemain muda untuk ke depannya. Itu adalah hal penting yang membuat saya memutuskan bergabung,” ujarnya.

Dengan begitu, Ederson menjadi pemain kedua yang telah bergabung dengan Manchester City pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, City telah merampungkan transfer bek sayap AS Monaco, Bernardo Silva.

Meskipun demikian, Manchester City tampak belum menutup buku cek mereka. Mereka disebut masih aktif memburu sejumlah pemain di bursa transfer. Salah satu target mereka adalah rekan Silva di AS Monaco, Benjamin Mendy.

DAILY MAIL|FEBRIYAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here