RAKYAT.NET, Jakarta – BULOG bekerjasama dengan Polda Metro Jaya menggelar Operasi Pasar daging kerbau dan sapi pada tanggal 20-22 Desember 2017. Operasi pasar akan dilaksanakan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dilansir dari merdeka.com, Direktur Komersial Perum Bulog DKI Jakarta, Tri Wahyudi Saleh menyatakan OP ini diselenggarakan dalam rangka menjaga kestabilan harga daging kerbau dan sapi di masyarakat menjelang hari raya Natal Tahun Baru 2018.

“Harga komoditi yang disediakan dalam OP daging yaitu daging sapi dengan harga Rp 80.000 per kilo gram, daging kerbau Rp 75.000 per kg, meat box (isi 20kg) Rp69.000 per kg dengan minimal pembelian 2 box,” kata Tri di Kantor Divre DKI Jakarta, Rabu (20/12).

Tri Wahyudi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 500 ton daging sapi beku impor asal Australia dan 500 ton daging kerbau beku asal India. Menurutnya, impor daging ini sudah sesuai dengan izin pemerintah.

Menurutnya, daging sapi lokal saat ini masih terbatas, sehingga masih dibutuhkan daging impor. Selain itu dari sisi harga lebih murah daging impor dibanding dengan daging lokal.

“Daging sapi dan kerbau semua impor beku, cukup baik kualitasnya yang disetujui pemerintah. Daging sapi fresh dari Australia, dan daging kerbau beku ini dari India,” jelasnya.

Hari ini 13 truk diberangkatkan untuk menyalurkan daging sapi dan kerbau ke titik-titik lokasi, yakni depan Polsek Stasiun Senen, Kantor Kelurahan Cilandak, Polsek Kramat Jati, Tanjung Priuk, Kelurahan Cipete Utara, Stasiun Kebayoran Lama, Rusun Marunda, dan Kelurahan Limo-Depok.

“Di setiap titik lokasi OP, akan disediakan daging sapi 2,5 ton, daging kerbau 1 ton, dan meat box 40 box setiap harinya,” ujarnya.

Tri menjelaskan, pasokan daging masih aman hingga 2-3 bulan ke depan. Apabila jumlah permintaan masyarakat bertambah terhadap daging, pihaknya akan menambah stok penjualan dalam operasi pasar.

Lokasi pelaksanaan OP daging kerbau dan sapi berdampingan dengan lokasi pelaksanaan OP Beras CBP, yang juga berlangsung hasil kerja sama antara Perum BULOG Divre DKI Jakarta dan Banten dan Polda Metro Jaya.

Sumber: merdeka.com
Gambar: googleimages

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here