Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kabupaten Biak Numfor, Papua bekerja sama dengan manajemen Puskesmas Biak Kota melayani pemeriksaan pencegahan deteksi dini kanker serviks secara gratis.

Kegiatan layanan gratis deteksi kankers serviks dibuka perwakilan BPJS Biak Dokter Faisal di Puskesmas Biak Kota, Jumat (29/7).

“Pemeriksaan dini kanker serviks secara gratis ini dilakukan Puskesmas BiakKota dalam rangka hari ulang tahun BPJS ke-48,” kata Faisal membuka layanan deteksi dini kankers serviks.

Kepala Puskesmas Biak Kota Rewang Naftali mengatakan, pemeriksaan metode IVA ini bertujuan untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit.

“Dengan adanya pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan, yang terjadi pada leher rahim perempuan,” katanya, dikutip Antara.

Keuntungan dengan pemeriksaan IVA dibanding dengan tes-tes diagnosa lainya, menurut Naftali, sangat mudah dan praktis dapat dilaksanakan seluruh tenaga kesehatan.

Begitu juga dengan alat-alat yang dibutuhkan sederhana dan kinerja tes secara langsung dapat memberikan hasil dengan segera.

Naftali mengatakan, syarat mengikuti IVA di antaranya, harus sudah pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang datang bulan/haid.

Juga pelayanan IVA perempuan tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual dan pemeriksaannya tidak dipungut biaya atau secara gratis, demikian Rewang Naftali.

Pelaksanaan deteksi dini kankers serviks diikuti puluhan ibu-ibu anggota Persit Korem 173/PVB serta para ibu rumah tangga peserta BPJS di Kabupaten Biak Numfor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here