REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde mengingatkan pimpinan negara seluruh dunia akan potensi terjadinya krisis ekonomi. Pernyataan tersebut dilontarkannya menanggapi pernyataan lain dari Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve), Janet Yellen dua pekan sebelumnya.

Sebelumnya, Yellen mengatakan dia mungkin tak akan melihat lagi krisis ekonomi baru di sisa masa hidupnya. Lagarde mengatakan ancaman risiko krisis ekonomi tak bisa dianggap enteng.

“Mungkin, suatu hari nanti terjadi krisis lain. Saya berharap saya memiliki umur panjang dan dia (Yellen) juga. Namun, saya tak akan bertaruh karena potensi krisis ekonomi itu selama beberapa dekade terakhir tetap ada,” kata Lagarde, dilansir dari CNBC, Kamis (12/7).

Wanita 61 tahun asal Prancis ini mengingatkan menteri keuangan dan pembuat kebijakan perlu bertindak hati-hati menyiapkan kemungkinan tersebut. Kebijakan moneter setiap wilayah berbeda.

“Dari mana asalnya, bagaimana bentuknya, apakah dampaknya kecil atau luas semua akan terlihat. Krisis ekonomi biasanya berasal dari tempat di luar perkiraan,” kata Lagade.

Lagarde meminta pembuat kebijakan memastikan bahwa sektor keuangan diawasi baik, peraturan diterapkan, dan institusi solid,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here