Merdeka.com – Bocah laki-laki 11 tahun bernama Arnav Sharma asal Reading, Inggris, mendapat nilai tes kecerdasan IQ lebih tinggi ketimbang sosok ilmuwan Jerman Albert Einstein dan ahli kosmologi Stephen Hawking.
Dilansir dari laman the Independent, Sabtu (2/6), bocah jenius itu meraih nilai 162 dalam tes IQ, angka paling maksimal yang bisa diraih. Dia berhasil mendapatkan angka itu setelah menjalani tes beberapa pekan lalu tanpa persiapan apa pun dan tak pernah melihat sebelumnya seperti apa kertas lembaran tes IQ dari organisasi kumpulan orang-orang ber-IQ tinggi, Mensa.
“Tes Mensa cukup sulit dan tidak banyak orang yang lolos,” kata Arnav kepada koran the Independent di rumahnya.
“Saya mengambil tes itu dan mengerjakannya selama 2,5 jam. Ada sekitar tujuh atau delapan orang waktu itu, dua anak-anak, dan sisanya orang dewasa.”
“Saya tak ada persiapan apa pun untuk tes itu dan saya tidak gugup. Keluarga saya terkejut dan senang ketika saya beritahu hasilnya,” kata bocah keturunan India itu.
Ibu Arnav, Meesha Dhamija Sharma, mengatakan dia berharap anaknya berhasil dalam tes itu.
“Sewaktu umurnya 1,5 tahun saya mengajak di ke India untuk liburan bertemu kakek-neneknya. Neneknya bilang kepada saya, Arnav akan berhasil dalam pendidikannya. Waktu itu saya tidak percaya, saya pikir itu cuma buat menyenangkan saya saja, tapi ternyata nenek benar,” ujar Meesha.
Ketika umur Arnav 2,5 tahun kemampuan matematikanya sudah terlihat.
“Dia bisa menghitung sampai lebih dari angka 100. Saat itulah saya tidak lagi mengajarinya berhitung,” lanjut Meesha.
[pan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here