RAKYAT.NET, Jakarta – Pemanfaatan robot untuk melakukan sejumlah hal yang dapat dilakukan manusia memang sudah mulai dilakukan beberapa kali. Terbaru, giliran Pizza Hut Singapura yang memanfaatkan robot untuk melayani pembeli.

Dikutip dari Business Insider, Jumat (16/3/2018), salah satu cabang Pizza Hut di Singapura baru saja mengumumkan akan memanfaatkan robot untuk menyambut pelanggan. Proyek ini sekaligus bentuk kerja sama antara Mastercard dan Softbank asal Jepang.

Nantinya, robot bernama Humanoid Robot ini bertugas untuk menawarkan pilihan menu termasuk memberikan rekomendasi menu yang lebih personal. Konsumen juga dapat langsung melakukan pembayaran menggunakan dompet digital Mastercard, Masterpass, secara langsung.

“Misi dari kerja sama ini adalah menciptakan platform sederhana dan menarik bagi pelanggan,” tutur VP Labs Mastercard Asia Pacific Tobias Puehse. Berdasarkan demo, transaksi menggunakan robot ini berjalan cukup mulus.

Kendati demikian, menurut Puehse, pemanfaatan robot dalam bidang makanan dan minuman semacam ini masih sebatas menerima pesanan dan melakukan pembayaran karena memang keterbatasan kemampuan.

Karena itu pelayanan yang membutuhkan interaksi langsung dan mobilitas tinggi, manusia masih menjadi pilihan utama. Meski menarik, Puehse mengatakan layanan oleh robot ini bersifat sementara dan akan berakhir pada akhir pekan.

Sumber: liputan6.com, Business Insider

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here