RAKYAT.NET, Jakarta — Arjen Robben harus mengakhiri karier internasionalnya bersama Timnas Belanda setidaknya satu tahun lebih cepat. Kegagalan ‘Tim Oranye’ lolos ke Piala Dunia 2018 membuat laga lawan Swedia jadi laga terakhir Robben berkostum oranye.

Belanda tak mampu melanjutkan perjuangannya ke Piala Dunia 2018 setelah hanya mampu menang 2-0 atas Swedia. Robben dan kawan-kawan sejatinya butuh kemenangan 7-0 untuk membuat mereka menjejakkan kaki ke babak play-off.

Dalam laga lawan Swedia, Robben tampil apik lewat sumbangan dua golnya. Gol kedua Robben menunjukkan kelasnya sebagai seorang pemain bintang. Robben melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang membuat kiper Swedia hanya mampu terpana melihat bola masuk ke gawang.

Sayang, aksi-aksi Robben tersebut tak akan lagi bisa terlihat dalam balutan kostum oranye. Robben memutuskan mundur dari tim nasional setelah Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Arjen Robben tampil apik di laga terakhirnya bersama Timnas Belanda.Arjen Robben tampil apik di laga terakhirnya bersama Timnas Belanda. (Foto: REUTERS/Toussaint Kluiters)

Robben memulai debutnya bersama Timnas Belanda pada tahun 2003 dalam laga persahabatan lawan Portugal. Setelah itu Robben tercatat 97 kali membela Timnas Belanda dengan torehan 37 gol dan 29 assist. Jumlah gol tersebut menyamai catatan Dennis Bergkamp dan hanya kalah dari Robin van Persie (50), Klaas Jan Huntelaar (42), dan Patrick Kluivert (40).

Robben sendiri sempat sukses mengangkat Belanda jadi tim yang disegani meskipun tak berujung trofi juara. Bersama Wesley Sneijder dan Robin van Persie, Robben mengantar Belanda jadi runner up Piala Dunia 2010 dan meraih peringkat ketiga pada Piala Dunia 2014.

Sumber: cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here