RAKYAT.NET, Purworejo – Waspada bencana kekeringan mulai melanda sebagian wilayah Indonesia. Musim kemarau panjang akan terjadi di Indonesia, pemerintah diharapkan membantu menyediakan air bersih di lokasi-lokasi yang terdampak bencana kekeringan.

Pada awal musim kemarau ini, bencana kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Purworejo. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, sudah terdapat 68 desa di 11 dari 16 Kecamatan di Purworejo mulai kesulitan air bersih. Desa Clapar dan Kalirejo di Kecamatan Bagelen, Desa Karangsari dan Desa Pekacangan di Kecamatan Bener, serta Desa Kalikalong, Kalinongko, dan Kaliglagah di Kecamatan Loano.

Waspada bencana kekeringan

68 desa yang mengalami kesulitan air bersih masing-masing tersebar di Kecamatan Bener sejumlah 10 desa, Kecamatan Loano dan Bagelen masing-masing sejumlah 9 desa. Di Kecamatan Purworejo sejumlah 7 desa, Kecamatan Kemiri, Pituruh dan Bayan masing-masing sejumlah 6 desa, Kecamatan Kaligesing, Grabag, dan Banyuurip masing-masing sejumlah 4 desa, serta Kecamatan Gebang sejumlah 3 desa.

6 desa telah menerima bantuan air bersih masing-masing Desa Somorejo Kecamatan Bagelen, Desa Rowodadi Kecamatan Grabag, Desa Wonotulus, Donorati dan Sidomulyo di Kecamatan Purworejo, serta Desa Rendeng Kecamatan Gebang.